Kamis 02 May 2019 10:14 WIB

Ini Cara Keramas Menggunakan Cuka Apel

Keramas dengan cuka apel dapat menjawab kebutuhan rambut

Rep: Santi Sopia/ Red: Christiyaningsih
rambut sehat dan panjang (ilustrasi)
Foto: The Guardian
rambut sehat dan panjang (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Cuka apel diyakini mampu merawat kesehatan dan keindahan rambut. Jika terbiasa menggunakan kombinasi sampo, kondisioner, gel, serum, semprotan, dan lainnya untuk memperindah rambut, maka cuka apel disebut-sebut bisa menggantikan itu semua dan menjawab kebutuhan rambut.

Menurut Aimee Egan, pemilik Aimee Egan Hair, cuka apel bermanfaat untuk mengelupas rambut kering dari kulit kepala, menghilangkan residu, hingga meningkatkan kilau rambut. Cuka apel kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin B dan C.

Baca Juga

"Semuanya bagus untuk membantu memperkuat dan menumbuhkan rambut Anda, ditambah menambahkan beberapa kilau,” katanya dilansir My Body + Soul. Keasaman cuka juga mampu menyeimbangkan tingkat pH rambut. Kandungan ini dapat bekerja luar biasa pada rambut yang rapuh atau keriting.

Karena berlimpahnya kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan, cuka apel dapat membantu menenangkan kulit kepala dan mencegah timbulnya kekeringan dan gatal. Cuka apel juga mengatasi iritasi akibat peradangan sekaligus mencegah rambut rontok.

Disarankan mencampur tiga hingga empat sendok makan cuka apel dengan satu cangkir air ke dalam botol semprot. Oleskan ke kulit kepala, pijat dalam, dan diamkan selama 10 hingga 15 menit.

Memijat kulit kepala akan membantu merangsang pertumbuhan rambut dan meningkatkan sirkulasi. Sedangkan cuka apel akan membantu melindungi kulit kepala dari bakteri dan memberikan nutrisi penting ke sel-sel folikel rambut.

Juliene Featherman, penata rambut dan pemilik Juju Salon & Organics di Philadelphia berbagi cara pemakaian cuka apel. Berikut tahapannya:

1 cangkir cuka sari apel

2 gelas air hangat

Cara pemakaian:

1. Campurkan cuka sari apel dan air dalam botol sampo lama.

2. Goyangkan botol agar bahan tercampur.

3. Keramas rambut seperti biasa.

4. Keringkan rambut, lalu oleskan tonik cuka sari apel di seluruh rambut dari akar sampai ujung.

5. Diamkan selama beberapa menit.

6. Bilas sampai bersih.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement