Kamis 02 May 2019 10:08 WIB

Keramas dengan Cuka Apel Membuat Rambut Semakin Sehat

Cuka apel adalah bahan alami yang direkomendasikan untuk menjaga rambut sehat

Rep: Santi Sopia/ Red: Christiyaningsih
Cuka apel
Foto: Boldsky
Cuka apel

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawat rambut tetap sehat. Sebagian mempercayakan perawatan rambut dengan penggunaan produk yang banyak beredar di pasaran. Sebagiannya lagi memilih cara yang alami. Dikutip laman My Body + Soul, salah satu bahan untuk merawat rambut adalah cuka apel.

Cuka apel atau disebut juga apple cider vinegar (ACV) adalah tren alami. Cuka apel bahkan disetujui oleh sains dan pakar untuk menjaga performa rambut.

Baca Juga

Jika terbiasa menggunakan kombinasi sampo, kondisioner, gel, serum, semprotan, dan lainnya untuk memperindah rambut, maka ACV disebut-sebut bisa menggantikan itu semua dan menjawab kebutuhan rambut. Menurut Aimee Egan, pemilik Aimee Egan Hair, cuka apel bermanfaat untuk mengelupas rambut kering dari kulit kepala, menghilangkan residu, hingga meningkatkan kilau rambut.

Cuka apel kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin B dan C. "Semuanya bagus untuk membantu memperkuat dan menumbuhkan rambut Anda, ditambah menambahkan beberapa kilau,” katanya. Keasaman cuka juga mampu menyeimbangkan tingkat pH rambut. Kandungan ini dapat bekerja luar biasa pada rambut yang rapuh atau keriting.

Cuka apel mengandung asam alfa-hidroksi yang berfungsi sebagai antiinflamasi dan menghilangkan ketombe. Sudah mulai banyak merek sampo yang juga menambahkan kandungan cuka apel. Tetapi tetap saja penggunaan berlebihan berpotensi membahayakan.

Cuka apel diketahui dapat menyeimbangkan pH kulit kepala. Rambut dan minyak alami yang berasal dari kulit kepala rata-rata memiliki tingkat pH antara 4,5 dan 5,5. Banyak produk rambut memiliki pH basa tinggi. PH tinggi mengganggu kutikula rambut dan kondisi kulit kepala. Akibatnya bisa menimbulkan kerusakan kutikula, rambut kusut, dan kulit kepala yang kering serta teriritasi.

Karena cuka apel secara alami tinggi asam asetat dan memiliki pH dekat dengan rambut manusia, cuka ini bisa membantu menetralkan pH basa. Selain itu, cuka apel membantu meningkatkan kesehatan kulit kepala dan mengembalikannya ke keasaman ideal.

Karena berlimpahnya kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan, cuka apel dapat membantu menenangkan kulit kepala dan mencegah timbulnya kekeringan dan gatal. Cuka apel juga mengatasi iritasi akibat peradangan sekaligus mencegah rambut rontok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement