Kamis 02 Jan 2020 14:54 WIB

Cara Terbaik dan Teraman Gunakan Essential Oils

Sepanjang tahun ini, minyak esensial menjadi tren di kalangan banyak orang.

Rep: Puti Almas/ Red: Nora Azizah
Sepanjang tahun ini, minyak esensial menjadi tren di kalangan banyak orang yang ingin mendapatkan semua manfaat kesehatan dari produk tersebut (Essential Oils Ilustrasi)
Foto: Piqsels
Sepanjang tahun ini, minyak esensial menjadi tren di kalangan banyak orang yang ingin mendapatkan semua manfaat kesehatan dari produk tersebut (Essential Oils Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sepanjang tahun ini, minyak esensial menjadi tren di kalangan banyak orang yang ingin mendapatkan semua manfaat kesehatan dari produk tersebut. Mulai dari melepas stres, hingga mengobati sejumlah penyakit, terdapat jenis dan fungsi masing-masing dari minyak esensial yang ditawarkan.

Sebenarnya, minyak esensial telah digunakan selama beberapa generasi oleh berbagai orang dari banyak budaya untuk secara alami mencegah dan mengobati penyakit. Namun, tentu produk ini tidak bekerja pada semua orang, karena setiap manusia berbeda.

Baca Juga

Dilansir Good House Keeping, Kamis (2/1), minyak essential berasal dari ekstraksi satu tanaman, baik bunga, akar, batang, daun, atau buahnya. Karena itulah, Anda dapat mencium dan merasakan aroma yang khas.

Minyak esensial atau juga disebut sebagai minyak atsiri mempengaruhi kesejahteraan fisik, emosi, dan spiritual. Ini berpengaruh melalui aplikasi topikal dan inhalasi. Penggunaan jangka panjang, dalam jumlah kecil dapat memiliki dampak besar pada kesehatan secara keseluruhan.

Namun, secara ilmiah manfaat yang terbukti dari penggunaan minyak esensial sulit ditemukan. Itulah sebabnya, produk ini tidak disarankan untuk digunakan dalam mengobati penyakit serius, tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau tenaga medis profesional lainnya.

Meski demikian, jika Anda ingin mencoba menggunakannya untuk mendapat manfaat seperti melepas stres dan lelah, serta lainnya, selama bukan kategori penyakit serius, ada beberapa tips yang bisa dicoba. Berikut adalah cara terbaik dan teraman untuk menggunakan minyak esensial.

photo
Essential Oils (Ilustrasi)

 

Buatlah uap dari minyak esensial

Rebus air dalam panci atau mangkuk besar, tambahkan delapan hingga 10 tetes minyak esensial, kemudian sandarkan panci atau mangkuk dan jaga jarak untuk melindungi wajah dari panas. Tarik napas melalui hidung untuk hirup selama dua menit.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan diffuser untuk lebih praktis. Jika ingin mencium aroma mintak esensial secara lebih tajam, ini bisa dioleskan, namun pastikan untuk menambahkan minyak zaitun atau kelapa untuk menghindari kemungkinan reaksi ke kulit.

Ada beberapa jenis minyak esensial terbaik untuk meredakan stres yang Anda bisa gunakan

Berikut penjelasan dari Michelle K Gagno, seorang bio alkemis dan pendiri Bio Alchemy Olfactive dan MKG Bio Alchemy.

a. Frankincense : “Ketika berhadapan dengan stres, ketegangan saraf, gelisah, dan depresi, ini menjadi minyak esensial yang sangat bagus,” ujar Gagnon.

Minyak frankincense atau kemenyan telah digunakan sebagai alat bantu meditasi selama ribuan tahun dan terkenal karena kemampuannya untuk menenangkan dan menstabilkan napas sambil menenangkan pikiran.

b. Bergamot : Minyak esensial beraroma jeruk Italia ini sangat menyegarkan dan lembut, sehingga dapat membangkitkan semangat orang yang menghirupnya.

c. Lavender : Lavender dapat mengurangi kecemasan dan stres, meningkatkan suasana hati, dan membantu Anda mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Tambakan ini ke dalam lotion untuk tubuh atau masukkan dalam difuser sebelum tidur. Anda juga bisa meneteskannya langsung ke bantal.

Selanjutnya, untuk rambut yang sehat, ada beberapa jenis minyak esensial yang bisa digunakan

a. Rosemary : minyak dari ramuan ini merangsang sirkulasi darah ke kulit kepala sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut. Anda juga dapat menggunakannya untuk melindungii kulit kepada dari ketombe dan kondisi kulit kering.

b. Laurel : Minyak esensial dari laurel telah banyak digunakan dalam perawatan rambut di Yunani. Ini dapat menstimulasi folikel kulit kepala dan rambut serta kesehatan kulit kepala secara umum.

Menurut Gagnon, beberapa minyak atsiri ini bermanfaat untul menjaga rambut dan kulit kepala. Namun, jika Anda mengalami masalah kerontokan yang serius, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu.

Minyak esensial untuk tidur yan lebih baik

a. Chamomile : Minyak ini direkomendasikan bai Anda yang mengalami rasa gelisah dan ketegangan syaraf. Rasanya sangat menenangkan dan lembut.

b. Marjoram : Minyak ini memiliki aroma hangat dan pedas, serta bertindak sebagai bantuan tidur yang kuat. Ini bisa digunakan untuk mereka yang mengalami insomnia karena stres dan masalah lainnya.

c. Lavender : Seperti disebutkan sebelumnya,  lavender dikenal karena khasiatnya yang menenangkan. Setelah Anda merasa rileks dan nyaman, tidur menjadi lebih mudah.

 

Minyak esensial untuk redakan pilek

a. Thyme (thyuanol): Minyak yang dapat membantu mengatasi dengkuran karena adanya kandungan antivirus, antibakteri, antimikroba, antioksidan, dan sifat antijamur.

b. Lemon : Minyak atsiri dari kandungan buah ini dapat mendetoksifikasi serta bersifat antibakteri. Bahkan, jika disebarkan di udara dengan uap, maka Anda bisa menghirup udara yang lebih bersih.

c. Ravintsara: Ravintsara adalah tanaman yang tumbuh di pulau Madagaskar dan minyak atsiri dari ekstrak tanaman ini bisa menjadi  imunostimulan yang kuat, serta bersifat antibakteri, dan ekspektoran.

 “Ini efektif untuk batuk dan penyakit pernapasan atau flu biasa,” ujar Gagnon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement