Sabtu 28 Dec 2019 00:02 WIB

Berpergian Nyaman Selama Liburan

Mengunduh aplikasi liburan membantu berpergian jadi lebih nyaman.

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Tanpa persiapan matang, berpergian saat liburan bisa jadi kurang nyaman.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Tanpa persiapan matang, berpergian saat liburan bisa jadi kurang nyaman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Libur panjang kerap dimanfaatkan sebagai momen untuk berpergian. Namun beragam masalah bisa muncul secara tak terduga dan mengganggu rencana berpergian.

Tanpa persiapan yang matang, masalah-masalah tak terduga yang muncul bisa memunculkan rasa frustasi saat liburan. Untuk menghindari hal ini, setidaknya ada lima hal yang bisa dilakukan agar berpergian selama liburan menjadi lebih nyaman.

Baca Juga

Berikut ini adalah kelima hal tersebut seperti dilansir Reader's Digest.

Pantau Cuaca

Cuaca yang buruk bisa mengganggu rencana berpergian dan memunculkan suasana hati yang buruk. Agar rencana berpergian bisa berjalan lancar, pantau prakiraan cuaca terlebih dahulu sebelum merencanakan kegiatan liburan.

Bandara Alternatif

Musim liburan biasanya membuat bandara penuh sesak dengan banyak orang yang ingin berpergian. Bila merasa tidak nyaman dengan suasana ramai, pilih bandara alternatif yang biasanya tidak begitu ramai.

Unduh Aplikasi Travel

Sebelum berangkat ke bandara, unduh beberapa aplikasi travel yang dapat membantu kegiatan berpergian. Salah satu aplikasi yang perlu diunduh adalah aplikasi maskapai penerbangan yang digunakan untuk berpergian. Aplikasi ini dapat membantu memantau jadwal penerbangan hingga membuat pemesanan.

Beberapa aplikasi lain yang perlu diunduh adalah aplikasi transportasi, seperti aplikasi rental mobil dan aplikasi bandara. Aplikasi yang memuat informasi restoran hingga aplikasi prakiraan cuaca juga dapat diunduh untuk membantu selama berpergian.

Berkemas Cerdas

Jangan simpan benda-benda penting di dalam tas atau koper yang akan disimpan di bagasi. Barang-barang seperti obat-obatan, ponsel hingga kacamata perlu disimpan di tas jinjing atau tas yang mudah dibawa ke mana-mana. Jangan lupa untuk menyimpan sedikit camilan di dalam tas sebagai teman untuk menghilangkan kebosanan selama perjalanan.

Rencana Cadangan

Ada beberapa kondisi yang dapat membuat jadwal penerbangan ditunda atau dibatalkan. Untuk mengantisipasi ini, pelancong harus bisa melakukan beberapa hal sekaligus. Salah satunya adalah mengubah jadwal penerbangan sesuai dengan rencana cadangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement