Sabtu 16 Nov 2019 07:30 WIB

Dion Wiyoko Bagi Tip Berpetualang di Alam Bebas

Dion Wiyoko selalu merencanakan matang petulangannya di alam bebas.

Rep: Umi Soliha/ Red: Indira Rezkisari
Aktor Dion Wiyoko.
Foto: Republika/Umi Soliha
Aktor Dion Wiyoko.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bertualang ke alam bebas kerap menjadi pilihan bagi pelancong yang sangat mencintai alam. Menikmati pemandangan alam yang indah, asri dan udara yang segar merupakan kegiatan yang memiliki daya tarik tersendiri.

Agar petualangan di alam bebas maksimal, persiapan yang matang adalah hal yang wajib dilakukan. Aktor sekaligus mantan presenter acara My Trip My Adventure, Dion Wiyoko memberikan tip beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum memutuskan bertulang ke alam.

Baca Juga

Pelajari medan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mempelajari medan lokasi yang dituju. Indonesia memiliki kondisi alam yang beragam dan cuaca yang susah ditebak.

Menguasai medan pun bertujuan agar kalian bisa menikmati alam dengan maksimal. Sehingga, hal ini perlu dipersiapkan secara matang.

Buat perencanaan

Setelah mempelajari medan hal lain yang perlu dilakukan adalah membuat perencanaan. Ini adalah faktor penentu keberhasilan bertualang.

Buatlah perencanaan yang detail mulai dari jarak tempuh, logistik yang akan dibawa, waktu memulai perjalan sampai bagaimana cara menghadapi cuaca ekstrim yang akan terjadi. Jika sudah merencanakan dengan detail, hampir dipastikan kalian akan lebih siap menghadapi segala rintangan yang akan terjadi.

Latihan Fisik

Persiapan fisik adalah hal yang tak boleh dilewatkan. Bertualang ke alam bebas sangat berbeda dengan berwisata ke tempat -tempat biasa.

Fisik yang kuat perlu agar bisa bertahan dengan kondisi alam yang ekstrem. Lakukan rutin berolahraga, menjaga pola makan yang sehat dan pola tidur yang teratur agar fisik kuat berpetualang.

Selain itu, hal yang pasti dilakukan Dion sebelum dan saat bertualang adalah memastikan asupan air yang cukup. Ia menyarankan untuk membawa tempat air minum agar bisa mengisinya saat di alam.

"Saat naik gunung kita harus jaga asupan minum agar tercukupi. Biasanya gue selalu memastikan minum air  delapan gelas sehari.  Biasanya di gunung itu ada ada pos-pos untuk isi air jadi kalian harus membawa tempat minum sendiri," ujarnya.

Perlengkapan wajib

Siapkan pula barang-barang yang wajib dibawa, seperti kompas, sleeping bag, tempat makan portable.  Di samping itu, perlengkapan tambahan yang harus dibawa adalah jas hujan, tenda dan makanan perbekalan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement