Selasa 17 Dec 2019 15:21 WIB

'Ritual' Mendapatkan Tidur Berkualitas di Malam Hari

Ritual ini bisa membantu pikiran, tubuh serta mental lebih tenang saat tidur.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Ritual yang bisa dicoba untuk membantu pikiran, tubuh serta mental lebih tenang saat tidur (Ilustrasi)
Foto: Needpix
Ritual yang bisa dicoba untuk membantu pikiran, tubuh serta mental lebih tenang saat tidur (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidur berkualitas boleh jadi sulit didapat, mengingat kesibukan yang seolah tiada habisnya setiap harinya. Kecemasan, tingkat stress dan terlalu banyak melihat layar gawai (gadget) juga bisa mengantarkan tidur menjadi kurang berkualitas.

Meskipun ada banyak hal lain yang tidak dapat dikendalikan, kabar baiknya adalah banyak pula cara yang dapat membantu tubuh dan pikiran menjadi tenang saat bersiap untuk tidur. Berikut ritual yang bisa dicoba untuk membantu pikiran, tubuh serta mental lebih tenang saat tidur, dilansir laman Mindbodygreen, Selasa (17/12).

Baca Juga

Nyalakan lilin sebagai pengingat batas digital

Cahaya biru dari layar telah terbukti dapat mengganggu tidur. Berinteraksi dengan ponsel  hingga tertidur juga hisa membuat pikiran tetap aktif. Satu studi, misalnya, menunjukkan bahwa remaja yang terlibat dengan media sosial lebih sering mengalami kesulitan tidur. Filter cahaya biru atau kacamata pemblokiran cahaya biru dapat membantmereka, tetapi menetapkan batas melihat gawai adalah pilihan lebih baik.

Ahli tidur merekomendasikan untuk meletakkan ponsel satu jam sebelum kepala menyentuh bantal. Ketika tiba waktunya untuk istirahat, nyalakan lilin agar menjadi pengingat bagi tubuh dan pikiran bahwa Anda sudah selesai bekerja.

Nikmati minuman manis

 Coba seduh coklat atau teh mabus hangat. Atau bahan ekstrak kunyit juga telah terbukti meningkatkan tidur lebih dalam, bahkan dikaitkan dengan manfaat kardiovaskular dan peningkatan mood.

 

Bersantai dengan kaki di dinding

Jamak diketahui bahwa yoga itu bermanfaat, tetapi apakah yoga telah dikaitkan dengan peningkatan variabilitas detak jantung dan tonus vagal? Itu cara yang bagus untuk mengatakan bahwa latihan yoga teratur dapat membantu mengendalikan lingkungan internal Anda. Para ahli di Universitas Harvard berpendapat bahwa kaki di dinding adalah salah satu pose yoga terbaik yang bisa dilakukan untuk tidur nyenyak, karena dapat meningkatkan sirkulasi, drainase getah bening, dan menghidupkan kembali tootsi yang lelah.

Tuliskan daftar aktivitas besok hari

 Satu studi polisomnografis (jenis studi tidur tertentu) menunjukkan bahwa orang yang mencatat hal-hal yang ingin mereka capai pada hari berikutnya tertidur secara signifikan lebih cepat daripada mereka yang menulis jurnal tentang peristiwa hari itu. Luangkan lima menit menuliskan apa yang ingin Anda capai pada hari berikutnya, dan cobalah melakukannya dengan pena dan kertas bukan melalui layar.

Pijat diri

Jika Anda membutuhkan alasan lain untuk belajar dan berlatih memijat sendiri, atau memijat dengan yang lain, itu bagus untuk persiapan tidur! Terapi pijat dapat membantu kualitas hidup dan pola tidur, dan ini dikaitkan dengan lebih sedikit sakit punggung dan lebih sedikit gangguan tidur malam. 

Mandi air hangat dan oleskan minyak lavender

Berendam dalam air hangat selama beberapa menit bisa membantu tidur lebih nyenyak. Aktivitas ini bisa melemaskan otot-otot yang tegang. Mengoleskan produk lavender di bak mandi atau pancuran, juga dikaitkan dengan meningkatnya perasaan tenang dan mengantuk serta meningkatkan kualitas tidur.

 

Facial sha

Facial sha adalah sejenis pijatan wajah yang menggunakan alat batu, selama bertahun-tahun. Dalam sebuah studi yang membandingkan efek fisik dari pijat kaki dan pijat wajah, peserta yang menerima pijat wajah ini mengalami penurunan tekanan darah yang lebih tinggi dan penurunan tingkat kewaspadaan, keduanya merupakan tanda-tanda relaksasi.

Rawat kulit

Asam hialuronat (HA) adalah zat yang diproduksi kulit kita sendiri, tetapi produksinya menurun seiring bertambahnya usia. Tetapi Anda bisa melakukan perawatan kulit menggunakna yang mengandung HA Untuk bangun tidur dengan penampilan segar dan bercahaya, cobalah suplemen HA berkualitas tinggi seperti bubuk Objective's Smooth + Luminous dalam teh hangat atau secangkir air sebelum tidur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement