Rabu 18 Dec 2019 00:27 WIB

5 Cara Ampuh Sembuhkan Sariawan 

Berkumur-kumur dengan air garam bisa membantu meredakan gejala sariawan.

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)
Sariawan bisa disembuhkan dengan berkumur-kumur air garam. (ilustrasi)
Foto: republika
Sariawan bisa disembuhkan dengan berkumur-kumur air garam. (ilustrasi)

CEKNRICEK.COM -- Sariawan umumnya muncul di dalam mulut, biasanya di bawah lidah, sisi rongga mulut, dan dasar gusi. Ukurannya pun berbeda-beda, dari yang kecil hingga besar. Sariawan dapat mengganggu aktivitas yang melibatkan mulut seperti makan, minum, hingga berbicara. 

Sariawan disebabkan oleh jamur Candida albicans yang tumbuh terlalu besar di mulut dan tenggorokan. Faktor pemicu yang meningkatkan munculnya sariawan antara lain, cedera seperti tergigit dan menyikat gigi yang terlalu keras sehingga mulut terbentur sikat.

Sariawan bisa sembuh dengan sendirinya setidaknya satu hingga dua minggu. Namun banyak orang yang tidak tahan dengan rasa perih yang mengganggu.

Bila Anda tak ingin sariawan tinggal lama-lama dalam mulut, berikut rangkuman cara menghilangkannya tanpa obat.

Berkumur dengan air garam

Larutan air garam dapat dijadikan sebagai obat rumahan untuk menuntaskan masalah mulut. Garam memiliki sifat antiseptik, pembersihan, dan menimbulkan efek menenangkan. Berkumur-kumur dengan air garam bisa membantu meredakan gejala sariawan. 

Caranya, larutkan satu sendok teh garam laut atau garam alami lainnya dalam setengah gelas air hangat, kemudian berkumurlah selama 30 detik. Setelah itu, bilas mulut dengan air segar. Lakukan ini dua sampai tiga kali sehari hingga luka sariawan membaik.

Konsumsi suplemen zinc

Kurangnya nutrisi zinc dalam tubuh merupakan salah satu penyebab sariawan. Mengonsumsi suplemen zinc dua kali sehari dipercaya mampu meredakan bahkan menyembuhkan sariawan secara penuh.

Anda juga bisa mengonsumsi suplemen zinc setiap hari sebagai upaya pencegahan sariawan. Tapi, konsultasikan dahulu hal tersebut kepada dokter.

Baca Juga: Tips Belanja Online Harbolnas 12.12 Biar Tak Kehabisan Barang

Kumur dengan larutan baking soda

Berkumur dengan larutan air dan baking soda (sodium bikarbonat) salah satu cara dapat bantu mengobati sariawan. Baking soda merupakan substansi alkalin yang bisa menetralkan asam pada mulut. Baking soda juga bisa membunuh bakteri sehingga mempercepat penyembuhan.

Dalam sebuah penelitian pada 2009, para peneliti melihat efektivitas natrium bikarbonat sebagai desinfektan jamur Candida. Kemudian para peneliti menyimpulkan bahwa meskipun tidak bekerja seefektif desinfektan lainnya, soda kue dapat menjadi obat rumahan alternatif yang layak dicoba.

Terapkan pembersihan oral dengan benar

Bila Anda menyikat gigi, lakukanlah secara perlahan dengan bulu sikat yang lembut. Tujuannya agar sikat tidak 'kepleset' sehingga menimbulkan cedera atau luka dalam mulut seperti sariawan. 

Hindari makanan terlalu pedas dan asam

Saat mulut muncul sariawan, hindari makanan pedas. Bagaimanapun juga, makanan pedas benar-benar dapat mengiritasi sariawan dan membuatnya lebih menyakitkan.

BACA JUGA: Cek BIOGRAFI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini

Editor: Farid R Iskandar

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement