Senin 25 Nov 2019 11:29 WIB

Lima Hal Optimalkan Penyerapan Nutrisi Makanan

Penyerapan nutrisi makanan membantu mencapai kesehatan tubuh ideal.

Rep: Febryan A/ Red: Indira Rezkisari
Kombinasi makanan yang tepat membantu penyerapan nutrisi lebih baik di tubuh.
Foto: Pixabay
Kombinasi makanan yang tepat membantu penyerapan nutrisi lebih baik di tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang mengonsumsi makananan sehat dan pola makan cleaning eating untuk menjaga tubuh tetap sehat. Namun, hal itu akan menjadi sia-sia jika kandungan nutrisinya tidak terserap secara optimal.

Sebab, tak ada jaminan bahwa semua kandungan mikronutrisi, vitamin dan mineral dalam makanan akan terserap secara sempurna meski itu adalah makan sehat. Dilansir dari laman Times of India, Senin (25/11), terdapat lima cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan penyerapan nutrisi makanan.

Baca Juga

Pertama, makanlah dengan perlahan. Kunyahlah setiap makanan secara perlahan dan hingga hancur sebelum menelannya.

Ketika makanan tidak dikunyah secara sempurna, maka lambung harus melakukan kerja ekstra untuk menghancurkannya. Walhasil, kadungan nutrisinya tidak diserap optimal.

 

Kedua, buat kombinasi makanan yang tepat. Kombinasi makanan secara tepat akan mempermudah proses pencernaan dan penyerapan mikronutrisi. Sebab, mencampur semua jenis makanan saat bersamaan, hanya akan membuat tubuh kebingungan.

Kombinasi makanan yang tepat di antaranya, makanan yang mengandung lemak juga dengan makanan yang mengandung lemak. Sandingkan makanan yang mengadung zat besi dengan vitamin C. Dan, makanan yang mengadung zat besi dengan yang mengandung zinc dan sulfur.

Ketiga, perhatikan kesehatan usus. Sebab, usus memainkan peran vital dalam proses penyerapan nutrisi. Konsumsilah makanan fermentasi dan probiotik untuk meningkatkan kesehatan usus.

Keempat, jangan minum teh saat makan. Kandungannya memang bagus untuk kesehatan, namun meminumnya saat makan bukanlah ide yang tepat. Sebab, teh dan kopi mengandung zat yang dapat menghadang sejumlah vitamin dan nutrisi.

Kelima, perbanyak minum air putih. Ketika tubuh kekurangan air putih, maka akan sulit bagi darah untuk membawa nutrisi ke setiap bagian tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement