Kamis 21 Nov 2019 01:47 WIB

5 Menu Sarapan Sehat untuk Diet 

Oatmeal bisa menekan nafsu makan dan mengontrol berat badan.

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)
Pisang
Foto: Republika/ Aditya
Pisang

CEKNRICEK.COM -- Sarapan merupakan hal yang penting dilakukan sebelum memulai aktivitas. Sarapan bisa membuat Anda berenergi, serta mencegah kalap saat makan siang.

Bagi Anda yang sedang diet, menu sarapan yang rendah kalori dan kaya serat jadi pilihan tepat untuk membantu menurunkan berat badan. Jangan lupa untuk memilih menu yang kaya nutrisi agar tubuh tetap fit dan bugar sepanjang hari. 

Berikut lima menu sarapan rendah kalori serta bernutrisi cocok untuk Anda yang sedang menjalani program diet. 

Oatmeal

Oatmeal salah satu menu sarapan yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan secara efektif. Dengan kadar kalori yang rendah dan tinggi serat, oat bisa menekan nafsu makan dan mengontrol berat badan.

Jenis serat yang terkandung dalam oat adalah beta-glucan, yang bisa mencegah lonjakan dan penurunan kadar gula darah. Tingkat gula darah yang stabil, akan membuat Anda terhindar dari makan berlebihan.  

Kombinasikan 235 gram oatmeal dengan satu setengah cangkir buah beri, satu sendok makan flaxseed, serta segenggam kacang almond. Menu sarapan ini penuh serat dan energi.

Telur

Telur adalah salah satu makanan yang penuh nutrisi, kaya protein, vitamin, dan mineral. Kandungan protein yang terdapat pada telur berperan dalam mengurangi nafsu makan. Menjadikan telur sebagai menu sarapan sehari-hari bisa membantu menurunkan berat badan secara efektif. 

Pisang

Kaya akan serat dan rendah kalori, pisang menjadi salah satu pilihan alternatif terbaik pengganti sereal di pagi hari. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung 100 kalori, dengan kadar serat sebesar 3 gram.

Kandungan serat tersebut mampu memenuhi 12 persen kebutuhan serat harian tubuh. Serat sendiri berfungsi dalam memperlambat proses penyerapan makanan dalam tubuh, serta membuat Anda merasa kenyang lebih lama.  

Baca Juga: 3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Menu Sarapan

Greek yoghurt

Greek yoghurt menu sarapan yang tepat. Olahan susu ini kaya akan protein. Studi di tahun 2014 yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrition menemukan, perempuan yang mengonsumsi yoghurt tinggi protein sebagai camilan, akan mengalami penurunan rasa lapar dan mengurangi konsumsi makanan lainnya hingga sebesar 100 kalori.

Cobalah kombinasikan secangkir (285 gram) greek yoghurt dengan potongan buah dan chia seed untuk sarapan diet bernutrisi.

Buah beri

Aneka variasi buah beri seperti stroberi, blueberry, blackberry, sampai raspberry memiliki kadar kalori yang rendah, namun kaya akan nutrisi penting. Bukan itu saja, buah beri bahkan mengandung serat tinggi, yang bisa mengurangi rasa lapar dan konsumsi makanan.

Sajikan buah beri dalam bentuk smoothie, campurkan dengan oatmeal, atau santap bersama yoghurt untuk mendapatkan manfaatnya dalam menurunkan berat badan.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

Editor: Farid R Iskandar

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement