Kamis 31 Oct 2019 00:24 WIB

Joker Raih Predikat Film Kategori R Terlaris

Joker telah mendapatkan pemasukan sekitar Rp 11,9 triliun.

Rep: Thomas Rizal (cek n ricek)/ Red: Thomas Rizal (cek n ricek)
Sumber: warner bros
Sumber: warner bros

CEKNRICEK.COM -- Tak ada yang bisa membendung tawa sang Pangeran Badut Kejahatan, Joker. Setelah sempat tergusur dari Maleficent: Mistress of Evil pada puncak perolehan box office pekan lalu, Joker kembali ke puncak dengan keunggulan tipis dari Maleficent 2.

Joker meraup US$ 18,9 juta pada pekan 43 pemutaran film di pasar domestik Amerika Serikat. Sementara, Maleficent 2 mendapat US$ 18,54 juta. Adapun The Addams Family yang memiliki jumlah layar terbanyak (4.102), hanya mampu meraup US$ 11,71 juta atau berada di posisi ketiga.

Bencana zombie dalam Zombieland: Double Tap pun hanya meraih US$ 11,6 juta. Sedangkan, film horor Countdown tercatat sebagai film pendatang baru yang masuk lima besar box office pekan 43 dengan torehan US$ 9,01 juta.

Secara total, Joker sukses membukukan pendapatan domestik sebesar US$ 277,58 juta selama empat pekan penayangan atau sekitar Rp 3,89 triliun. Di pasar internasional, Joker yang hingga saat ini belum juga diputar di China sukses mendapatkan pendapatan US$ 571,5 juta atau sekitar Rp 8 triliun.

Artinya, jika digabungkan, Joker telah mendapatkan pemasukan sebesar US$ 849,08 juta atau sekitar Rp 11,9 triliun. Dengan demikian, Joker tercatat sebagai film dengan kategori R (restricted atau terbatas) terlaris sepanjang sejarah, mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Deadpool (2016) US$ 782,61 juta.

Baca Juga: Sekuel Maleficent Gagal Pecahkan Rekor Box Office Pekan Perdana Pendahulunya

Sumber: warner bros

“Wow!! Terima kasih untuk para pemeran dan kru yang luar biasa, dan tentu saja para fans dari seluruh dunia yang melihat semua kebisingan dan menyaksikannya (beberapa ada yang lebih dari sekali)! Kami sangat bangga atas film ini dan atas semua pesan kalian yang luar biasa, yang membuat terasa lebih spesial. #Joker worldwide,” tulis sutradara film Todd Phillips dalam akun Instagramnya, @toddphillips1.

Tak hanya mengalahkan Deadpool, Joker juga kini masuk lima besar film DC terlaris sepanjang sejarah. Posisi pertama masih diduduki oleh Aquaman (2018) yang mendapat pemasukan US$1,15 miliar, diikuti The Dark Knight Rises (2012) dengan pemasukan US$1,09 miliar dan The Dark Knight (2008) dengan pemasukan  US$1,01 miliar.

Baca Juga: Posisi Joker Tak Tergoyahkan di Puncak Box Office

Joker hanya terpaut sekitar US$25 juta dolar lagi untuk memecahkan rekor milik Batman v Superman (2016) yang meraup US$873,6 juta. Mengingat antusiasme Joker yang masih berada di puncak box office mingguan pada pekan lalu, nampaknya rekor itu berpotensi dipecahkan.

Adapun khusus untuk pasar domestik, angka penerimaan domestik sebesar US$277,58 juta membuat film yang dibintangi Joaquin Phoenix itu berhasil mengalahkan pendapatan domestik Batman (1989), dimana saat itu juga memerankan karakter Joker yang diperankan oleh Jack Nicholson. Hanya saja, mereka masih terpaut jauh dengan The Dark Knight (US$533,3 juta) yang juga menampilkan sosok Joker yang dibintangi almarhum Heath Ledger.

Sumber: warner bros

Mengutip Forbes, jika disesuaikan dengan inflasi maka The Dark Knight juga masih unggul dengan torehan US$669,2 juta, diikuti Batman (1989) sebesar US$567,2 juta. Joker (2019) sendiri masih berada di posisi 14 film DC terlaris sepanjang masa, di bawah Batman Begins (US$288,6 juta) dan di atas Superman Returns (US$275,2 juta).

Film Joker hanya membutuhkan anggara sebesar US$55-70 juta, yang berarti saat ini film berdurasi 122 menit itu telah menghasilkan laba kotor sekitar US$775 juta, atau sekitar 10 kali lipat dari modalnya.

BACA JUGA: Cek Berita SELEBRITI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

Editor: Farid R Iskandar

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement