Selasa 08 Oct 2019 16:53 WIB

Memilih Alpukat Paling Tepat untuk Sandwich

Tidak sembarang jenis alpukat bisa dipakai untuk roti isi.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Sandwich Alpukat (Ilustrasi)
Foto: Pixabay
Sandwich Alpukat (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam mengisi isian sandwich dengan alpukat, ternyata tak sembarang alpukat bisa digunakan. Chef profesional Firdaus pun memberikan tips mengenai bagaimana cara memilih alpukat yang enak dan cocok digunakan untuk isian sandwich.

“Kalau untuk sandwich memang lebih cocok pakai jenis alpukat mentega. Karena rasanya tidak terlalu pahit,” ungkap Firdaus kepada Republika, usai  acara demo masak "Cooking Experience by Happycall" di Sogo Plaza Senayan, pada akhir pekan lalu.

Baca Juga

Menurutnya, jenis alpukat mentega yang dipilih untuk digunakan isian sandwich haruslah yang matang. Sebab, buah itu akan semakin manis jika sangat matang.

Cara mengetahui alpukat mentega mana yang matang, Firdaus menuturkan, alpukat yang memiliki tekstur yang semakin empuk pada bagian isinya maka akan semakin matang. Sebaliknya, jangan membeli alpukat yang memiliki kondisi yang keras karena belum matang.

Firdaus juga menuturkan, mengisi sandwich dengan alpukat akan menambah kekayaan nutrisi dalam sarapan. Sebab, alpukat sendiri memiliki kandungan lemak tak jenuh atau lemak yang baik bagi tubuh.

Selain itu, alpukat sendiri dicampur dengan daging tuna yang memiliki kandungan protein yang tinggi. Artinya, nutrisi makanan sandwich akan semakin beragam dan kaya.

Chef yang merupakan salah satu finalis Masterchef Season 5 itu, juga menuturkan, buah alpukat sendiri bisa diganti dengan buah lainnya untuk mengisi roti sandwich. Dia mencontohkan, buah pisang dan strawberry bisa menjadi sebuah kombinasi yang unik dalam sebuah roti sandwich.

“Tetapi, kalau yang dicampur dengan tuna memang yang paling cocok adalah alpukat. Usahakan alpukatnya adalah alpukat mentega karena itu juga kaya nutrisi,” jelas Firdaus.

Firdaus mendemonstrasikan sebanyak tiga menu makanan pada acara itu. Selain roti sandwich isi telur, tuna, dan alpukat, dia juga mendemonstrasikan cara memasak menu nasi kebuli, dan juga pizza pepperoni sederhana yang bisa dimasak di rumah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement