Ahad 06 Oct 2019 11:40 WIB

Resep Nasi Kebuli Tanpa Repot

Panci kedap udara bisa dimanfaatkan untuk menghemat waktu dan tenaga.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Nasi kebuli.
Foto: dok Republika
Nasi kebuli.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak banyak orang yang bisa memasak nasi kebuli karena rumitnya cara memasak. Selain itu, lamanya proses memasak membuat sebagian orang lebih memilih untuk membelinya di restoran.

Namun, chef Firdaus membuatnya menjadi sederhana. Dalam acara demo masak "Cooking Experience by Happycall" di Sogo Plaza Senayan, Sabtu (5/10), dia membagikan resep sederhana membuat nasi kebuli.

Baca Juga

"Kita akan memasak nasi kebuli dengan mudah dan cepat," kata Firdaus.

Salah satu kunci bisa memasak nasi kebuli dengan cepat adalah menggunakan peralatan masak yang bisa bekerja kedap udara. Firdaus mencoba mendemonstrasikan memasak nasi kebuli dengan menggunakan panci Happycall IH Vacuum Pot yang kedap udara.

Meski memasak dengan menggunakan panci kedap udara, tidak masalah apabila sesekali membuka panci untuk mengaduk atau mencicipi masakan. "Jadi sesekali tidak apa-apa, untuk dibuka dan diaduk," jelas Firdaus.

Kemudian, hidangan nasi kebuli sangat identik dengan penggunaan bahan dasar daging. Umumnya, kebuli dimasak dengan daging kambing.

"Lalu daging sendiri bisa diganti ya. Kalau memang tidak suka daging kambing, bisa diganti daging sapi atau bahkan daging ayam," ungkap dia.

Ciri khas lain dari nasi kebuli, yakni penggunaan susu. Namun, di Indonesia jarang sekali bahan dasar susu dipakai dalam masakan.

Agar tidak kehilangan rasa gurih dari nasi kebuli, susu bisa pula diganti dengan santan. Hanya saja, rasanya tentu akan berbeda.

"Bedanya, kalau masakan ditambah santan, maka akan jadi lebih kental. Akan tetapi, jika ditambah susu, maka akan jadi lebih creamy," jelas dia.

Berikut Resep Nasi Kebuli ala Chef Firdaus

Bahan:

Beras Basmati 500 gram

Daging Kambing (boleh bagian apa saja) 500 gram yang sudah dipotong kecil

Kaldu atau air 200 ml

Bumbu:

Pala Bubuk 1,5 sendok teh

Kunyit halus 1,5 sendok teh

Kemudian, ketumbar, jintan secukupnya

Biji Pala Utuh 1 buah

Kayu Manis 1/4 cm

Cengkeh 8 butir

Bunga Lawang 5 butir

Bawang Bombay Cincang Halus

Bawang Merah 15 siung

Bawang Putih 6 siung

Margarin untuk menumis

Cara Membuat:

Giling halus semua bumbu, kecuali bawang merah dan putih yang dihaluskan terpisah, dan bawang bombay. Panaskan margarin, tumis bawang bombay. Masukkan bumbu dasar (bawang merah dan putih), setelah harum masukkan bumbu rempah lain. Tambahkan potongan daging, tumis kembali sampai harum. Masukkan tumisan daging dan bumbu ke dalam panci Happycall kedap udara, tambahkan susu, dan air atau kaldu. Masak hingga matang sambil diaduk sesekali. Cek rasa, tamburkan kismis, dan masak sebentar sampai wangi tercium.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement