Jumat 04 Oct 2019 15:19 WIB

Masker Alami Jadikan Kulit Wajah Bercahaya

Masker alami bisa dibuat dari bahan-bahan yang tersedia di dapur.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Indira Rezkisari
Masker wajah buatan sendiri, salah satunya dari alpukat.
Foto: pixabay
Masker wajah buatan sendiri, salah satunya dari alpukat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah Anda ingin kulit bercahaya tanpa menggunakan bahan berbahaya? Daripada mengoleskan krim perawatan berbahan kimia ke kulit, ada banyak bahan yang meningkatkan kualitas kulit, yang akan membuat kulit kusam dan kering menjadi bersinar dalam waktu singkat.

Berikut adalah beberapa masker buatan sendiri yang akan bertindak sebagai perisai untuk wajah, dilansir di Republic World, Jumat (4/10).

Baca Juga

Yogurt, madu, dan lemon

Campuran ketiga bahan ini bekerja seperti sihir di kulit. Yogurt kaya akan asam laktat yang memurnikan sel-sel kulit dari dalam. Madu adalah salah satu dari sedikit bahan yang kaya akan komponen anti bakteri.

Lemon bertindak sebagai pembersih alami. Campuran ini menyembuhkan noda dan membersihkan sel-sel mati dari kulit.

Yogurt, saffron dan bubuk cendana

Yogurt adalah zat pemutih alami. Khasiatnya bekerja sangat baik pada kulit ketika dicampur dengan cendana dan saffron. Campuran bahan-bahan ini terkenal dengan pencerah kulit, pengencangan kulit dan sifat anti-jerawatnya. Penerapan campuran ini sebagai masker akan memberi Anda hasil cepat, seperti menjentikkan jari.

Susu bubuk

Susu bubuk dianggap sebagai gudang vitamin dan protein. Unsur pemurnian dan penenangnya tidak asing bagi dunia. Metode yang paling disarankan untuk menggunakan susu bubuk adalah dengan jus jeruk dan bubuk oatmeal.

Jeruk dan oatmeal dikenal karena sifat sitrat dan anti-oksidannya. Campuran bahan-bahan ini adalah solusi sempurna untuk mengucapkan selamat tinggal pada masalah kulit.

Mint

Mint terkenal karena khasiatnya yang menenangkan. Mint kaya akan asam salisilat yang mencegah jerawat dan noda.

Khasiat anti radangnya menyembuhkan gigitan nyamuk dan mencegah bekas luka di wajah. Metode yang paling disarankan adalah menyiapkan campuran daun mint dengan pisang dan menggunakannya sebagai masker. Topeng ini berfungsi seperti pesona dan meremajakan kulit.

Multani mitti dan mint

Tanah liat multani, yang dikenal sebagai Multani mitti, adalah solusi untuk semua masalah kulit. Ini mencegah jerawat, menyerap minyak dan menghindari hiper-pigmentasi.

Kombinasi Multani mitti, yogurt, madu, dan mint digunakan sebagai paket wajah yang memberikan kulit bercahaya dan membersihkan pori-pori. Madu dan yogurt melembabkan kulit setelah mengeluarkan minyak.

Beberapa yang disebutkan di atas adalah beberapa pemutih buatan sendiri yang akan memberi hasil dalam waktu singkat. Daripada menggunakan krim buatan dan kimia, lebih baik menggunakan sesuatu yang alami dan organik. Terlepas dari pemutih yang disebutkan, scrub biji pepaya dan tanaman fenugreek juga meningkatkan kualitas kulit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement