Senin 30 Sep 2019 05:13 WIB

5 Destinasi Wisata di Kabupaten Dairi, Kawasan Danau Toba

Kabupaten Dairi satu dari tujuh kabupaten yang berada di sekitar Danau Toba.

Rep: Ronald Ricardo (cek n ricek)/ Red: Ronald Ricardo (cek n ricek)
Sumber: Instagram @kawanjalanmedan
Sumber: Instagram @kawanjalanmedan

Kabupaten Dairi adalah satu dari tujuh kabupaten yang secara geografis berada di sekitar Danau Toba. Dairi terkenal dengan  panorama alam yang indah berkat danau terbesar di Asia Tenggara tersebut. Untuk sampai Kabupaten Dairi dibutuhkan perjalanan sekitar 4 jam dari Kota Medan, Sumatera Utara.

Berikut 5 lokasi istimewa untuk berwisata di Kabupaten Dairi, kawasan Danau Toba.

Taman Wisata Iman

Caption

Taman Wisata Iman (TWI) berada di Kecamatan Sitinjo. Taman ini didirikan sebagai simbol toleransi dari keberagaman kepercercayaan yang ada di Indonesia. Taman Wisata Iman dibangun di atas lahan perbukitan seluas 13 hektar. Sesuai namanya kita akan menemukan bangunan berbagai tempat ibadah yang pasti juga bisa digunakan untuk kegiatan keagamaan.

Di TWI juga banyak terdapat miniatur-miniatur lain seperti Kakbah, bahtera Nabi Nuh sampai dengan taman Firdaus. Bila Anda gemar mengabadikan momen dengan kamera maka tak akan menyesal berkunjung kesini karena ada banyak sekali spot-spot menari dan pastinya Instagramable.

Wisata Alam Sicike-Cike

Sumber: Beritanasional.id

Taman Wisata Alam Sicike-Cike, lokasinya di Desa Bangun, Kecamatan Parbuluan. Taman wisata ini memiliki konsep pelestarian alam, Sicike-Cike memang lebih mengedepankan keasrian lingkungan.

Sicike-Cike merupakan satu dari enam Taman Wisata Alam di Sumatra Utara. Di sana pengunjung  bisa menemukan keunikan dari berbagai macam flora dan fauna langsung dari habitat aslinya.

Baca Juga: 5 Surga Wisata di Bali 

Bukit Siadtaratas

Sumber: Instagram @darkoberampu

Ingin menikamti panorama alam dari atas perbukitan? Anda bisa kunjungi Bukit Siadtaratas di Desa Silahisabungan. Dari sini rasanya akan sangat puas menatap indahnya hamparan Danau Toba beserta perbukitan nan hijau yang seakan memagarinya.

Opsi lainnya, Anda bisa berkunjung ke Bukit Sidiangkat yang tepat berada di Desa Sidiangkat. Keunikan dari tempat ini, para pengunjung bisa berswafoto layaknya seekor burung, karena memang disediakan instalasi ala sarang burung.

Agrowisata Buah Naga

Sumber: Pesona.travel

Kebanyakan orang memang mengenal Dairi dari hasil bumi yang berlimpah salah satunya ialah buah mangga. Tapi ternyata bukan hanya itu saja, di sana juga terdapat perkebunan buah naga seluas 1,5 hektar yang bisa dijadikan refrensi.

Berlokasi di pinggir jalan letter Z tepatnya Km 12 Kecamatan Siempat Nempu Hulu, Anda bisa memilih dan memetik sendiri buah naga yang disuka.

Pantai Tao Silalahi

Sumber: Instagram @kawanjalanmedan

Kembali ke Desa Silahisabungan kurang lengkap rasanya jika tak bersantai sejenak di Tao Silalahi. Ini adalah hamparan pasir layaknya pantai sepanjang 28 km di pesisir Danau Toba. Pemandangan menakjubkan tersaji, ditambah terdapat palung danau terdalam di dunia sedalam 905 meter dari permukaan air.

Jadi bila berada di Kabupaten Dairi jangan lupa untuk datang berkunjung ke tempat-tempat tersebut, dan mungkin akan ada banyak lagi objek wisata lain mengingat hingga kini bisa dikatakan jika Danau Toba tak pernah kehabisan pesonanya.

 BACA JUGA: Cek Berita SEJARAH, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement