Ahad 29 Sep 2019 06:35 WIB

Yuk, Nikmati Akhir Pekan di WICSF 2019

WICSF 2019 akan berlangsung selama satu bulan di Pluit Village Jakarta.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Pluit Village Mall.
Foto: Lippo
Pluit Village Mall.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Acara tahunan Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival (WICSF) 2019 kembali digelar untuk keempat kalinya. Ada lebih dari 300 pusat perbelanjaan yang turut berpartisipasi dalam WICSF 2019 kali ini.

Dari segi kuliner, WICSF 2019 menghadirkan beragam jajanan pasar hingga jajanan kekinian yang menggugah selera dari para pelaku UMKM. Selain itu, WICSF 2019 juga turut mendekatkan pengunjung lokal serta mancanegara dengan lima makanan yang sudah ditetapkan sebagai kuliner khas nasional oleh Kementerian Pariwisata RI yaitu soto, rendang, nasi goreng, sate dan gado-gado.

Baca Juga

Tiap pusat perbelanjaan yang berpartisipasi juga menonjolkan program kulinernya masing-masing melalui WICSF 2019. Beberapa di antaranya adalah Nusantara Food Fest di Kuningan City, Craving Food Culinary Festival di The Park Solo, Kuliner Kampung Halaman di Grand City Mall, Jogja City Food di Jogja City Mall, Food Party di Lippo Plaza Medan dan The Best Indonesian Food Festival di Pluit Village.

Dari segi belanja, WICSF 2019 juga menghadirkan beragam produk lokal yang menarik dan memanjakan mata. Pengunjung WICSF 2019 bisa menemukan produk baju, batik, pernak-pernik, hingga kuteks halal yang diproduksi oleh para pelaku UMKM. Gelaran WICSF 2019 juga turut dimeriahkan dengan berbagai program menarik seperti hiburan musik, pameran batik, hingga program belanja dengan diskon hingga 70 persen.

WICSF 2019 menjadi salah satu cerminan bahwa Indonesia memiliki destinasi-destinasi wisata dengan produk kuliner dan belanja yang unggul. Kehadiran festival ini juga diharapkan dapat mendorong destinasi lain untuk semakin memperkuat potensi mereka, khususnya di bidang pariwisata.

"Kegiatan ini juga menjadi aksi nyata Indonesia Incorporated di mana kolaborasi dan sinergi antara pemerintah dan sektor swasta yang tergabung dalam asosiasi, dalam hal ini APPBI, terjalun untuk satu misi memajukan ekonomi Indonesia melalui pariwisata," ujar Founder Indonesia Gasteonomy Network dan Ketua Tim Percepatan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata Republik Indonesia Vita Datau dalam pembukaan WICSF 2019, di Pluit Village.

Selain itu, era digital memang membuat masyarakat lebih condong untuk melakukan kegiatan berbelanja maupun membeli makanan secara daring. Akan tetapi, Menteri Pariwisata RI Arief Yahya menilai bahwa pengalaman berbelanja offline tetap dibutuhan di era digital ini.

"Itu sebabnya belanja harus mampu menjadi atraksi yang memberikan pengalaman menarik, khsusunya bagi para wisatawan," jelas Arief.

WICSF pada mulanya merupakan program tahunan yang diselenggarakan oleh Asosisasi Pengelola Pusat Belanja Inonesia (APPBI). Program ini lalu berkembang menjadi Top 100 dalam Calendar of Event (CoE) Kementerian Pariwisata RI.

WICSF merupakan bentuk komitmen dari APPBI untuk terus mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia secara menyeluruh. Penyelengaraan WICSF 2019 kali ini diharapkan dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

"Sehingga ke depannya pusat perbelanjaan juga dapat berperan sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia," ungkap Ketua Umum DPP APPBI Alexander Stefanus Ridwan Suhendra.

WICSF 2019 mulai digelar bertepatan dengan Hari Pariwisata Sedunia yang jatuh pada 27 September 2019. WICSF 2019 akan digelar selama satu bulan penuh hingga 27 Oktober 2019 di berbagai pusat perbelanjaan yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Ada lebih dari 300 pusat perbelanjaan yang turut berpartisipasi dalam WICSF 2019. Berbagai pusat perbelanjaan ini tersebar di Sumatera Utara, Pekanbaru, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Bekasi, Depok dan Bogor, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Manado, Sulawesi Tenggara, Jambi, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Bengkulu, Lampung, Maluku, Palu, Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat.

"Ini destinasi untuk keluarga Indonesia, mulai dari ayah, ibu hingga anak-anak, bisa berkunjung dan menghabiskan waktu yang berkualitas," ujar CMO Lippo Malls Indonesia Danny Crayton.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement