Rabu 25 Sep 2019 16:01 WIB

Teh Herbal yang Menyehatkan dan Menggoda Selera

Tidak hanya menyehatkan, teh herbal ini memiliki aroma yang menggoda.

Rep: Febryan A/ Red: Nora Azizah
Ilustrasi Teh Manis
Foto: Pixabay
Ilustrasi Teh Manis

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Teh herbal pada dasarnya bukanlah dibuat dari tanaman teh, melainkan dari rempah-rempah, buah-buahan kering dan bunga. Oleh karena itu, teh herbal memiliki rasa dan aroma yang berbeda serta menggoda.

Selain nikmat, beberapa teh herbal juga memiliki khasiat yang bagi kesehatan. Bahkan, teh herbal telah digunakan sebagai obat alami untuk berbagai penyakit selama ratusan tahun. Hal ini pun sudah dibuktikan lewat ilmu pengetahuan modern.

Baca Juga

Berikut lima daftar teh herbal sehat yang patut Anda coba sebagaimana dikutip dari laman healthline.com pada Rabu (25/9).

Pertama, Teh chamomile. Teh herbal jenis ini terkenal dengan efek penenangnya. Bahkan sering kali digunakan untuk membantu seorang agar lebih gampang tertidur.

Tak hanya itu, teh jenis ini juga dapat membantu meringankan gejala pramenstruasi, kadar lemak darah, gula darah dan insulin yang tinggi. Hal ini telah dibuktikan oleh sejumlah penelitian modern.

Kedua, Teh papermin. Dalam metode pengobatan tradisional, teh jenis ini biasa digunakan untuk menghilangkan rasa tak enak dalam saluran pencernaan tubuh. Sedangkan penelitian modern menemukan bahwa teh jenis ini menemukan bahwa teh ini bisa membantu untuk meringankan mual, kram dan sakit perut.

Ketiga, Teh jahe. Penelitian telah berulang kali menemukan bahwa teh jenis ini untuk untuk menghilangkan mual. Namun, beberapa penelitian juga menemukan bahwa teh jahe dapat membantu meredakan nyeri haid, dan diperkirakan juga memberi manfaat bagi penderita diabetes.

Keempat, Teh hibiscus. Jenis teh yang dibuat dari bunga kembang sepatu. Teh jenis ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan melawan stres oksidatif. Namun, jenis teh ini tidak boleh diminum dengan obat diuretik tertentu ataupun aspirin.

Kelima, Teh echinacea. Adapun teh jenis ini biasa digunakan untuk mencegah atau mempersingkat durasi flu. Sebab, teh ini bisa membantu melegakka hidung dan tenggorokan saat pilek.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement