Selasa 17 Sep 2019 05:31 WIB

Norman Lear, Peraih Emmy Awards Tertua Sepanjang Masa

Lear menjadi pemenang Emmy Awards di usianya yang ke 97 tahun.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Nora Azizah
Norman Lear
Foto: Flickr
Norman Lear

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penulis dan produser TV asal Amerika, Norman Milton Lear (97 Tahun) menjadi pemenang Emmy tertua yang pernah ada setelah kemenangannya di Creative Arts Emmy Awards baru-baru ini. Kemenangan tersebut juga melewati umur pesaingnya, Sir David Attenborough yang juga menerima penghargaan Emmy pada Sabtu (4/9) malam, waktu setempat.

"Fakta hidupku adalah, aku tidak terlalu memikirkannya," kata Lear di belakang panggung di Emmy ketika berbicara tentang usianya, seperti dilansir Hollywood Reporter, Senin (16/9).

Baca Juga

Namun demikian, menurut Lear, ia akan lebih memikirkan hidupnya setelah kemenangan tersebut. Lear yang juga menerima nominasi pertamanya pada 1991 silam karena acara siaran langsung di ABC “All in the Family” dan “The Jeffersons”. Dalam kesempatan itu, Lear menang sebagai produser eksekutif dalam kategori variety (live) khusus setiap Sabtu

Lear juga mengalahkan Carl Reiner untuk gelar nominasi tertua yang dipegangnya salama enam bulan sebelumnya. Seperti diketahui Attenborough (93) yang menjadi narator di Our Planet juga tergeser oleh Lear untuk menjadi pemenang Emmy tertua.

Selama karir Lear yang mulai aktif pada 1950-an, Lear sudah dinominasikan sebanyak 15 kali. Dalam prosesnya, ia memenangkan empat Emmy untuk “All in the family” : dua pada 1971 dan berulang kembali pada tahun-tahun selanjutnya, 1972 hingga 1973.

Kimmel yang juga merupakan pemenang untuk nominasi serial varietas terbaik 2019 mengatakan, bahwa pencapaian itu merupakan hal terbesar yang bisa dibayangkan. Menurut dia, sebagai pecinta karya Norman dan acara televisinya, bahkan hingga mengenal pria tertua yang memenagkan Emmy tersebut merupakan titik tertinggi dalam karirnya.

“Itu seperti berdansa dengan Fred Astaire. Itu juga titik tertinggi dalam karir saya dan sensasi dari awal hingga saat ini," tutur dia.

Juga memenangkan Emmy bersama Lear dan Kimmel adalah produser eksekutif Adam McKay, Justin Theroux, Will Ferrell dan Brent Miller dan produser eksekutif Eric Cook. Sebagai informasi, Lear juga telah dianugrahi oleh Akademi Televisi dengan pengukuhan namanya di Hall of Fame pada 1984 silam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement