Senin 09 Sep 2019 14:32 WIB

Ujung Oppa Belajar Islam dari Teuku Wisnu

Ia mengaku belajar sholat dan mengaji pertama kali dengan Teuku Wisnu.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Youtuber asal Korea Selatan, Ujung Oppa
Foto: Desy Susilawati/Republika
Youtuber asal Korea Selatan, Ujung Oppa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjadi mualaf bukan perkara mudah untuk Youtuber asal Korea, Ujung Oppa. Butuh 16 tahun untuk menetapkan hatinya sebagai seorang Muslim.

"Sholat ngaji awalnya pertama kali belajar sama keluarga Sungkar, Teuku Wisnu. Mereka yang kontak setelah jadi mualaf. Waktu itu saya tidak tahu siapa Teuku Wisnu dan keluarga Sungkar. Mau belajar bersama. Mereka kosongin semua jadwal. Saya cuma hari itu bisanya. Demi saya mereka kosongkan jadwalnya, sangat terharu," ungkapnya kepada Republika di Jakarta belum lama ini.

Baca Juga

Saat ini, Oppa sudah bisa mempraktikan wudhu, dan gerakan sholat meski belum sempurna. Ia juga mengaku tengah belajar Qur'an dan memulainya dengan membaca Iqro.

Selain dari Teuku Wisnu, Oppa juga belajar Islam dari Ketua Mualaf Center dan beberapa teman. "Secara teratur saya belajar. Saya samperin ke rumahnya. Kadang sebaliknya mereka ke rumah saya," ujarnya.

Kisahnya sebagai seorang Mualaaf asal Korea kini menjadi inspirasi bagi siapa saja. Oppa pun sering diundang menjadi pembicara di sejumlah acara. "Saya sering diundang sebagai mualaf untuk memberikan pengaruh positif," tambahnya.

Sejak menjadi mualaf lima bulan lalu, saat ini ia sibuk di dunia entertain. "Sekarang sibuk entertain. Sudah enam tahun menjadi orang Korea pertama yang menjadi penyanyi dangdut," katanya.

Ia juga berencana membuat lagu dan mencari pasangan di Indonesia. Bahkan, Ujung Oppa juga ingin menetap di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement