Selasa 13 Aug 2019 10:17 WIB

Mencapai Triliunan Rupiah, Ini Dia Deretan Film dengan Biaya Produksi Termahal di Dunia

Biaya produksi yang tinggi pun bisa menjadi salah satu faktor suksesnya sebuah film.

Rep: cermati/ Red:
Mencapai Triliunan Rupiah, Ini Dia Deretan Film dengan Biaya Produksi Termahal di Dunia
Mencapai Triliunan Rupiah, Ini Dia Deretan Film dengan Biaya Produksi Termahal di Dunia

Industri film bukan lagi sekedar bagian dari sebuah bisnis hiburan semata, tapi juga investasi dengan nilai miliaran hingga triliunan rupiah. Untuk yang para pecinta film pasti kamu bisa dong membedakan seperti apa kualitas film dengan budget yang gila-gilaan dan yang biasa saja.

Pengeluaran biaya yang tidak main-main dalam sebuah produk film bukanlah untuk sekedar gengsi, tapi mengejar keuntungan yang berkali-kali lipat dari penayangannnya. Biaya produksi yang tinggi pun bisa menjadi salah satu faktor suksesnya sebuah film selain kualitas naskah dan pemainnya.

Apalagi untuk sebuah film bertema teknologi dan fantasi, tentu saja biaya produksi yang tinggi sudah bukan hal yang asing lagi. Penasaran film-film apa yang mampu menghabiskan biaya hingga triliunan rupiah dibalik biaya produksinya? Ini dia daftar film dengan biaya produksi termahal didunia versi forbes yang dirangkum oleh cermati.com:

1. Pirates of the Caribean at World’s End (Rp 4 triliun)

Pirates of the Carribean at World’s End

Salah satu film serial tersukses di dunia Pirates of the Carribean berhasil menyabet posisi pertama untuk daftar ini, lebih tepatnya seri ketiganya yaitu Pirates of the Carribean at World’s End. Menghabiskan biaya produksi hingga $300 juta atau Rp4 triliun. Film bajak laut tersukses di dunia yang di bintangi oleh aktor tampan Johnny Depp ini menjadi biaya produksi termahal di dunia hingga saat ini.

2. John Carter (Rp 3,7 triliun)

John Carter via amazon.com

Film bertema fantasi lainnya John Carter ini menempati posisi kedua dengan biaya produksi sebesar $263,7 juta atau Rp3,7 triliun. Film yang diproduksi tahun 2012 ini bercerita tentang sebuah petualangan fiksi ilmiah yang diangkat dari novel karya Edgar Rice Burroghs dengan judul A Princess of Mars dan diperankan oleh aktor tampan Taylor Kitsch.

Baca Juga: Ada yang Sampai Puluhan Juta Rupiah, Ini Dia 10 Aplikasi Android Termahal di Dunia

 

3. Tangled (Rp 3,6 triliun)

Tangled via amazon.com

Tangled adalah judul film animasi Princess lain dari Disney yang menceritakan tentang Putri Rapunzel berambut panjang yang diculik dan dikurung oleh seorang penyihir jahat di sebuah menara tinggi di bagian hutan terdalam.

Memilki versi berbeda dari cerita Rapunzel pada umumnya, Disney pun berhasil meraup banyak keuntungan dari penayangan film ini. Tapi tentu saja kesuksesan film dari Disney diikuti oleh biaya produksi yang sangat mahal untuk ukuran film animasi pada umumnya yaitu $260 juta atau Rp3,6 triliun. Bisa dikatakan Tangled adalah film animasi termahal di dunia saat ini.

4. Spiderman 3 (Rp 3,6 triliun)

Spiderman 3 via IMDb.com

Spiderman 3 bisa dikatakan sebagai sekuel paling sukses yang pernah diraih oleh film series Spiderman lainnya. Berhasil mendapatkan pendapatan kotor hampir 3x lipat dari biaya produksi yang sudah bernilai fantastis tentu saja berhasil membuat sosok Spiderman sebagai salah satu karakter pahlawan fiksi yang paling populer sepanjang masa.

Penasaran berapa harga produksinya? Spiderman 3 menghabiskan budget produksi hingga $258 juta atau Rp3,6 triliun. Nah, bisa kebayang dong berapa keuntungannya.

5. Pirates of the Caribean: On Stranger Tides (Rp 3,6 triliun)

Pirates of the Caribean On Stranger Tides via collider.com

Berhasil lagi masuk kedalam film termahal yang pernah dibuat. Salah satu series Pirate of the Carribean, On Stranger Tides ini biaya produksinya mencapai $250 juta atau sekitar Rp3,6 triliun. Walaupun bukan yang termahal, tapi keuntungan yang didapat dari series film ini menjadikan series Pirates of the Carribean sebagai series yang paling sukses dan memiliki keuntungan tertinggi dibandingkan series film si kapten Jack Sparrow yang lain.

6. Avenger: Age of Ultron (Rp 3,6 triliun)

Avenger Age of Ultron via amazon.com

Siapa yang tidak mengenal judul film yang satu ini. Suka atau tidaknya kamu dengan film bergenre superhero ini, tetap saja kamu tidak akan merasa asing atau setidaknya pernah mendengar film yang di adaptasi dari komik Marvel ini. Menjadi salah satu film dengan pendapatan tertinggi di dunia, biaya produksi dari film ini pun tidak main-main yaitu $250 juta atau Rp3,6 triliun.

7. Harry Potter and the Half Blood Prince (Rp 3,6 triliun)

Harry Potter and the Half Blood Prince via amazon.com

Seperti angka $250 juta sudah menjadi standar untuk bisa menjadi salah satu film termahal di dunia. Setelah Spiderman 3, Pirates of Carribean dan Avenger. Harry Potter berhasil masuk daftar film termahal versi Forbes ini dengan angka yang sama yaitu Rp3,6 triliun. Series ke 6 dari film yang dibintangi Daniel Radcliffe ini berhasil menjadi sequel termahal dari Series Harry Potter.

Berikutnya, Film-Film yang memiliki angka produksi yang sama adalah:

  • Batman v. Superman: Dawn of Justice
  • The Hobbit: Battle of the Five Armies
  • The Dark Knight Rises

8. Spectre (Rp 3,5 triliun)

Spectre via moviebirdinternational.pl

Film baru dari agen rahasia paling populer 007, James Bond menjadi film selanjutnya yang memiliki biaya produksi paling tinggi didunia yaitu $245 juta atau sekitar Rp3,5 triliun. Film yang dibintangi oleh aktor tampan Daniel Craig ini pun berhasil menjadi series film di tahun 2015 yang paling laris manis, paling banyak ditonton dan menjadi box office di berbagai negara pada saat itu.

Baca Juga: Bukan Pound sterling, Ternyata ini Mata Uang Termahal di Dunia

 

9. Avatar (Rp 3,3 triliun)

Avatar via goldenglobes.com

Film yang berhasil meraih 3 penghargaan Oscar pada tahun 2010 ini juga berhasil menjadi film yang paling banyak masuk nominasi pada acara penghargaan yang sama di tahun yang sama. Kesuksesan film avatar tidak hanya dari jumlah penghargaannya saja tapi juga jumlah penonton dan impactnya ke banyak orang, hingga saat ini masih banyak orang yang memparodikan film ini walaupun sudah 10 tahun berlalu.

Berhasil meraih kemenangan karena visual efek super canggih yang ada pada film, artinya diikuti juga dengan biaya produksi yang tinggi pula. Avatar berhasil menghabiskan biaya produksi sebesar $237 juta atau Rp3,3 triliun.

10. The Amazing Spider Man (Rp 3,2 trilun)

The Amzing Spider Man via cinapse.co

Satu lagi film superhero Spiderman yang berhasil masuk sebagai film dengan biaya produksi tertinggi di dunia. Film baru Spiderman yang dibintangi oleh aktor peraih oscar Andrew Garfield ini berhasil menjadi box office dimana-mana pada tahun 2012. Biaya produksi dari film ini pun mencapai $230 juta atau Rp3,2 trilun.

Baca Juga: Ada yang Sampai Miliaran Rupiah! Ini Dia Deretan Teh Termahal di Dunia

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement