Jumat 02 Aug 2019 17:06 WIB

Soimah Batalkan Liburan demi Tampil di Istana Merdeka

Soimah salah satu seniman yang diundang memeriahkan wayangan di Istana.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Yudha Manggala P Putra
Soimah saat tampil pada gelaran Java Jazz Festival 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Soimah saat tampil pada gelaran Java Jazz Festival 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seniman multitalenta, Soimah Pancawati, rela mengorbankan liburannya di Yogyakarta demi bisa tampil dalam pagelaran wayang kulit di Istana Merdeka, Jumat (2/8) malam ini. Soimah bersama sejumlah seniman lainnya, seperti Didi Kempot, Edo Kondologit, Endah Laras, hingga Kirun, memang diundang oleh pihak Istana untuk tampil di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya menerima panggilan untuk memeriahkan wayangan di istana ya dengan senang hati. Ini kan saya harusnya libur di Yogya. Tapi untuk di istana siapa yang mau nolak ya kan. Ini lumayan dadakan, dua hari yang lalu," ujar Soimah sebelum masuk kompleks Istana Negara, Jumat (2/8) sore.

Soimah mengaku bangga karena akhirnya kesenian wayang kulit kembali masuk ke Istana Presiden. Menurutnya, pagelaran wayang kulit di Istana malam ini menjadi penegasan bahwa kesenian ini milik bangsa Indonesia, tak hanya milik orang Jawa.

"Intinya wayang kan Indonesia, wayang tuh bukan hanya milik orang Jawa. Jadi salah satu kekayaan Indonesia. Ini pertama kalinya kan ya Pak Jokowi nanggap wayang? Menurutku ini keren lah. Yang lebih keren lagi sih, aku terlibat," ujar Soimah diikuti tawa khasnya.

Pegalaran wayang kulit akan digelar di halaman Istana Merdeka, Jalan Merdeka Utara pada Jumat (2/8) malam ini, mulai pukul 19.00 WIB. Pagelaran wayang kulit dengan lakon 'Kresno Jumeneng Ratu' malam ini akan didalangi oleh Ki Manteb Sudarsono. Selain wayang kulit, acara yang dibuka untuk umum ini juga akan diramaikan sederet seniman kawakan, seperti Didi Kempot, Kirun, Butet Kertaredjasa, hingga Soimah.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan bahwa acara malam nanti merupakan rangkaian peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI. Acara wayang kulit akan berlangsung hingga pukul 04.00 pagi dengan diselingi penampilan para seniman. Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga diagendakan ikut menyaksikan pagelaran wayang kulit ini.

"Rencananya mulai 19.30 sampai pagi jam 04.00. Ada Didi Kempot," kata Heru, Jumat (2/8).

Masyarakat bisa menyaksikan langsung acara ini di depan Istana Merdeka. Rencananya, panitia akan menyediakan layar raksasa agar pagelaran di halaman Istana Merdeka bisa ikut dinikmati masyarakat umum. Sejumlah seniman dan artis lain yang ikut tampil malam ini, di antaranya Den Baguse Ngarso, Cak Lontong, Akbar, Edo Kondologit, dan Endah Laras.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement