Jumat 26 Jul 2019 09:32 WIB

Hindari Makanan Ini demi Kulit Lebih Sehat

Jangan terburu-buru merogoh kocek untuk produk perawatan wajah mahal

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Christiyaningsih
Soda (Ilustrasi)
Foto: Yahoo
Soda (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika Anda melihat jerawat bermunculan di wajah atau kulit tampak kusam, jangan terburu-buru merogoh kocek untuk produk perawatan wajah mahal. Bisa jadi, ada yang salah dengan apa yang sehari-hari Anda makan.

Tidak ada gunanya menghabiskan banyak uang untuk krim wajah jika tidak pernah menerapkan pola makan seimbang yang kaya serat, vitamin, mineral, serta sumber protein. Apalagi, mengonsumsi makanan tertentu dalam jumlah berlebihan bisa berdampak buruk untuk kulit.

Baca Juga

Salah satunya adalah minum soda atau minuman dengan kadar gula tinggi lainnya terlalu sering. Kebiasaan itu berpotensi merusak pembentukan kolagen, jaringan ikat yang membantu menjaga kulit tetap kencang, lembut, dan halus.

Tak hanya minuman, sama halnya dengan terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi gula. Pilihan itu meningkatkan kadar insulin sehingga memicu peradangan pada tubuh. Padahal, peradangan menghasilkan enzim yang memecah kolagen dan elastin.

Akibatnya, kulit lekas menjadi kendur dan keriput. Gula yang dicerna menempel secara permanen ke kolagen di kulit melalui proses yang dikenal sebagai glikasi. Selain meningkatkan efek penuaan, glikasi juga menyebabkan jerawat dan kulit kemerahan.

Minuman beralkohol termasuk dalam daftar yang harus dihindari. Apalagi jenis cocktail yang menggabungkan alkohol dengan jus atau soda. Minuman itu memberikan dampak buruk ganda yang menguras kelembapan kulit sekaligus menyumbat pori-pori.

Mulai sekarang, ingatkan diri untuk mengganti makanan minuman tinggi gula dengan asupan lain yang lebih sehat. Tidak apa mengonsumsinya sesekali, asal tidak lupa mengimbangi dengan memperbanyak minum air putih, dikutip dari laman She Finds.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement