Kamis 18 Jul 2019 18:54 WIB

Protein Kedelai Bermanfaat untuk Kesehatan Jantung

Kedelai diakui punya banyak manfaat salah satunya untuk kesehatan jantung

Rep: Desy Susilawati/ Red: Christiyaningsih
Susu soya atau susu kedelai.
Foto: Flickr
Susu soya atau susu kedelai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berdasarkan berbagai penelitian, kedelai diakui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk kesehatan jantung. Para peneliti merekomendasikan protein kedelai sebagai bagian dari diet yang menyehatkan jantung karena membantu menurunkan kolesterol.

Hasil analisis menemukan bahwa kedelai mengurangi kolesterol total. Kedelai juga mengurangi kadar kolesterol low-density lipoprotein (LDL) atau biasa disebut kolesterol jahat yang dapat menyebabkan pembekuan darah dan serangan jantung.

Baca Juga

"Pasien bisa meyakini kedelai akan membantu menurunkan kolesterol dengan cara yang sama seperti makanan nabati lain yang disetujui FDA seperti kacang-kacangan, gandum dan jelai, produk psyllium dan margarin sterol tanaman," kata David JA Jenkins, peneliti di University of Toronto dilansir Reuters, Kamis (18/7).

Para peneliti melaporkan dalam Journal of American Heart Association bahwa kedelai mengurangi LDL rata-rata 4,2 hingga 6,7 ​​mg/dL. "Kedelai menyehatkan jantung dan sumber protein yang baik," kata Omer Kucuk, peneliti di Emory University yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Peneliti di Western University, David Spence, mengatakan kedelai adalah salah satu dari banyak cara untuk mencapai pola makan nabati yang lebih banyak tanpa kehilangan protein yang diperoleh dari daging. "Setiap kombinasi biji-bijian dan kacang-kacangan mengandung semua asam amino esensial yang diperlukan bagi tubuh Anda untuk membuat protein," tambah Spence.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement