Selasa 02 Jul 2019 07:21 WIB

Kerja Shift Malam tak Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

Di tahun 70-an muncul pendapat yang mengaitkan shift malam dengan kanker payudara.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Warga menuggu antrian untuk melakukan pemeriksaan deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara dalam kegiatan pekan deteksi dini kanker di Puskesmas Kecamatan Senen, Jakarta, Selasa (11/10).
Foto: Republika/Prayogi
Warga menuggu antrian untuk melakukan pemeriksaan deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara dalam kegiatan pekan deteksi dini kanker di Puskesmas Kecamatan Senen, Jakarta, Selasa (11/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda sering bekerja shift malam? Jangan khawatir sebuah studi baru menunjukkan bekerja shift malam tidak meningkatkan risiko kanker payudara.

Seperti dilansir dari laman Independent, penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Cancer, melibatkan para peneliti yang melihat data dari 102.869 wanita di Inggris selama 10 tahun. Sebanyak 2.059 di antaranya kemudian mengembangkan kanker payudara invasif atau bentuk paling umum dari penyakit ini.

Baca Juga

Para peneliti dari Institute of Cancer Research (ICR) di London mengatakan bahwa mereka tidak menemukan hubungan keseluruhan antara kerja shift malam dan kemungkinan mengembangkan kanker payudara. Hubungan antara kerja shift malam dan peningkatan risiko kanker payudara pertama kali disebutkan pada 1970-an.

Beberapa penelitian telah mengusulkan bahwa paparan cahaya listrik dapat meningkatkan risiko pengembangan penyakit, dengan berpotensi mengganggu jam internal tubuh, menekan kadar hormon tidur melatonin dan meningkatkan kadar estrogen. Pada 2007, Badan Internasional untuk Penelitian Kanker mengatakan bahwa kerja shift yang mengganggu siklus tidur "mungkin bersifat karsinogenik".

Namun, peneliti utama studi baru itu, Dr Michael Jones mengatakan bahwa penelitian sebelumnya menunjukkan ini "sejauh ini belum meyakinkan".

"Dalam penelitian baru kami, kami tidak menemukan hubungan keseluruhan antara wanita yang melakukan kerja shift malam dalam sepuluh tahun terakhir dan risiko kanker payudara - terlepas dari berbagai jenis pekerjaan yang mereka lakukan yang melibatkan shift malam, dan usia pada yang mereka mulai bekerja seperti itu," kata Dr Jones.

Jones mengatakan bahwa "meskipun shift malam mungkin memiliki efek lain pada kesehatan manusia, dan kita masih tidak tahu efek dari jam tubuh seseorang terganggu untuk waktu yang sangat lama, itu meyakinkan untuk melihat lebih banyak bukti yang menunjukkan bahwa shift malam adalah tidak terkait dengan risiko kanker payudara yang lebih tinggi."

Para peneliti berharap temuan mereka akan membantu meyakinkan pekerja setelah beberapa dekade perdebatan tentang hubungan antara shift malam dan kanker payudara.

Baroness Delyth Morgan, kepala eksekutif di Perawatan Kanker Payudara dan Kanker Payudara Sekarang yang mendanai penelitian, mengatakan berharap temuan ini akan membantu meyakinkan ratusan ribu wanita yang bekerja shift malam bahwa tidak mungkin pola pekerjaan mereka meningkatkan risiko payudara mereka. Menurutnya pertanyaan ini telah banyak diperdebatkan dalam beberapa dekade terakhir dan telah dimengerti menyebabkan kekhawatiran, dan itu mendorong bahwa bukti sekarang menunjukkan kerja shift malam tidak berdampak pada risiko kanker payudara.

Penyebab kanker payudara belum sepenuhnya dipahami. Namun NHS menyatakan bahwa risiko terkena penyakit ini bisa sebagai akibat dari peningkatan usia, riwayat keluarga dari kondisi tersebut, kanker payudara sebelumnya atau pincang, dan jaringan payudara yang padat.

"Walaupun ada beberapa hal yang tidak dapat kita ubah, ada langkah-langkah yang dapat dilakukan semua wanita untuk menurunkan risiko kanker payudara mereka, seperti mempertahankan berat badan yang sehat, tetap aktif secara fisik dan minum lebih sedikit alkohol. Bahkan perubahan kecil adalah awal yang baik," kata Morgan.

Badan Internasional untuk Penelitian Kanker, yang merupakan bagian dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), akan meninjau bukti kerja shift malam dan kanker pada musim panas 2019. Studi baru ini bertentangan dengan para peneliti dari China tahun lalu yang memperkirakan bahwa risiko kanker payudara  meningkat sekitar 3,3 persen setiap lima tahun bagi pekerja yang melakukan jam kerja untuk shift malam secara teratur.

Mereka yang terlibat dalam penelitian ini, yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers &  Prevention,  sampai pada kesimpulan setelah menganalisis 61 studi yang meneliti hubungan antara shift malam jangka panjang dan 11 kanker yang berbeda. Secara keseluruhan mereka menemukan bahwa wanita yang bekerja malam hari 20 persen lebih mungkin untuk didiagnosis pada suatu saat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement