Sabtu 29 Jun 2019 03:00 WIB

Panduan Waktu Tidur dan Bermain Balita Menurut WHO

Dalam panduan tidur dan bermain, WHO juga menekankan pentingnya membatasi screen time

Panduan waktu tidur dan bermain balita menurut WHO
Panduan waktu tidur dan bermain balita menurut WHO

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- WHO baru saja merilis panduan waktu tidur dan bermain yang dianjurkan untuk balita. Dalam panduan tersebut, WHO juga menekankan pentingnya membatasi screen time atau durasi balita berinteraksi dengan layar baik televisi, tablet, atau smartphone. 

WHO menekankan pentingnya tidur berkualitas dan aktivitas fisik demi menunjang tumbuh kembang anak. Selain itu aktivitas fisik seperti bermain di luar ruangan dapat  mencegah anak mengalami obesitas di kemudian hari. 

 

1. Usia <1 tahun

Jangan biarkan anak hanya tidur sepanjang hari. Alokasikan 30 menit per hari untuk anak beraktivitas sambil tengkurap. Tengkurap baik untuk melatih otot leher. Di usia ini WHO melarang anak berinteraksi dengan layar. 

 

2. Usia 1-2 tahun

Anak butuh waktu tidur 11-14 jam per hari termasuk tidur siang. Alokasikan 180 menit per hari untuk melakukan aktivitas fisik. Screen time maksimal di usia ini adalah satu jam per hari.

 

3. Usia 3-4 tahun

Screen time dibatasi maksimal satu jam per hari. Waktu tidur ideal adalah 10-13 jam sehari termasuk tidur siang. Arahkan anak bermain di luar atau melakukan aktivitas fisik minimal satu jam per hari. 

 

Sumber: CNN Health

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement