Selasa 07 May 2019 19:15 WIB

Single Part 2, Film Lajang Terakhir Raditya Dika

Single Part 2 yang disutradarai Raditya Dika akan tayang usai Lebaran.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Raditya Dika
Foto: Wilda Fizriyani/Republika
Raditya Dika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Single Part 2 menjadi film terakhir Raditya Dika yang dia tulis saat masih melajang. Seperti sekuel pertamanya, Raditya menjadi sutradara, menulis skenario, sekaligus memerankan tokoh utama bernama Ebi.

Single Part 2 adalah sekuel dari film Single yang tayang pada Desember 2015. Radit menjelaskan, sekuel yang bakal tayang usai Lebaran 2019 itu menghadirkan perkembangan tokoh Ebi dibandingkan sebelumnya.

Perbedaan utama tentunya soal usia. Ebi pada film sekarang lebih tua dibandingkan pada film terdahulu. Kesamaannya, tokoh itu digambarkan masih kesulitan berbicara dengan lawan jenis. Dia belum kunjung berani menjalin hubungan romansa.

Perkembangan cerita lain adalah sekarang Ebi pindah ke rumah indekos baru. Dia memiliki teman-teman baru dengan karakter dan ciri khas masing-masing. Para sobat itu yang membantu Ebi mendekati perempuan.

Sekuel pertama maupun Single 2 merupakan curahan hati Radit yang pernah menyandang status lajang cukup lama. Radit menjamin naskah benar-benar menyampaikan keresahan pria lajang seperti yang dahulu dia rasakan.

Walaupun sekarang Radit sudah menikah dan sudah memiliki anak, dia mengatakan skenario tetap relevan. Pasalnya, Radit merampungkan skenario film saat belum menikah. Kedua film dianggapnya sangat personal dan mewakili dirinya.

Sinema mendatang akan menyajikan komparasi antara orang yang lajang dan sudah berpasangan. Tentunya, semua itu dikemas dalam komedi ala Radit yang cenderung absurd, tetapi memuat perenungan. Ada dua karakter yang mencerminkan sikap berbeda.

Satu karakter bersikeras melajang agar tetap hidup bebas tanpa mendapat kekangan dari siapapun. Sementara itu, tokoh lain berupaya meyakinkan bahwa menikah adalah kunci kebahagiaan.

"Film ini akan menjawab, itu benar atau tidak," kata Radit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement