Rabu 15 Feb 2023 07:36 WIB

Punya Ciri Khas, 5 Komika Ini Banyak Pengikut di Instagram

Para komika ini dianggap punya ciri khas masing-masing.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Raditya Dika, artis yang juga penulis buku dan komika, kini  memilih pengikut hingga 21 juta di Instagram.
Foto: Istimewa
Raditya Dika, artis yang juga penulis buku dan komika, kini memilih pengikut hingga 21 juta di Instagram.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Industri hiburan komedi Tanah Air telah diwarnai popularitas para komika dalam beberapa tahun terakhir. Istilah komika mengacu pada lawakan tunggal, atau komedi tunggal yang diserap dari panggung stand-up comedy.

Para komika ini dianggap punya ciri khas masing-masing, beberapa di antaranya rajin mengunggah konten melalui akun media sosial mereka, salah satunya Instagram (IG). Berikut lima komika yang punya pengikut (followers) cukup banyak di Instagram.

Baca Juga

1.Raditya Dika (21 juta followers)

Raditya Dika sudah melintang di dunia hiburan Tanah Air. Pria kelahiran 1984 awalnya sering berbagi kegiatannya melalui blogger hingga menerbitkan novel berjudul "Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh" (2005). Dari situlah Radith, sapaan akrab Raditya, makin dikenal luas, setelah buku-bukunya dijadikan film. Radith menjadi juri utama bersama Pandji Pragiwaksono dan Indro Warkop di acara Stand Up Comedy. Sampai kini Radith aktif menciptakan konten menghibur di berbagai kanal dunia maya.

 

2. Bintang Emon (5,2 juta followers)

Dikenal dengan nama panggung Bintang Emon, pemilik nama lengkap Gusti Muhammad Abdurrahman Bintang Mahaputra ini merupakan pemenang Stand Up Comedy Academy 3 pada 2017. Namanya semakin dikenal luas setelah membawakan penampilan ataupun konten yang menarik perhatian dan menjadi viral, khususnya berkaitan dengan kebijakan-kebijakan publik dan dibalut dengan komedi.

 

3. Arafah Rianti (3,1 juta followers)

Arafah Rianti merupakan komika muda yang dikenal memiliki gaya dan suara yang unik. Finalis SUCA 2 ini pernah mengaku bahwa Raditya Dika dan Indra Frimawan adalah dua inspiratornya ketika mengawali karier di dunia komika. Kini Arafah aktif menciptakan konten melalui Instagram, TikTok, maupun Youtube bersama sang adik. Ciri khas dari kontennya cenderung menggambarkan masa kanak-kanak seolah mengajak orang bernostalgia.

 

4. Ernest Prakasa (2,2 juta followers)

Ernest Prakasa menjadi komika yang dikenal sukses terjun ke dunia perfilman. Pria yang awalnya berkarier di dunia penyiaran radio itu mengikuti audisi Stand Up musik pertama pada 2011. Deretan film yang melibatkan Ernest, antara lain, Kukejar Cinta ke Negeri Cina, Ngenest, Koala Kumal, Cek Toko Sebelah, Susah Sinyal, Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta & Rangga, Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan, Teka-teki Tika, Gara-Gara Warisan, dan masih banyak lagi.

 

5. Kiky Saputri (2 juta followers)

Kiky Saputri awalnya merupakan salah satu komika jebolan komunitas Stand Up Indo Jakarta Pusat, komunitas stand up comedy di area Jakarta Raya terakhir yang mulai mencuat namanya sejak akhir 2016. Kiky mendapat julukan “Queen of Roasting” berkat keberaniannya me-roasting para figur publik, termasuk pejabat pemerintah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement