Selasa 16 Apr 2019 14:30 WIB

Album Rosana Lengkapi Karya Iwan Fals untuk Keluarga

Iwan Fals mendedikasikan album Rosana untuk sang istri

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Christiyaningsih
Iwan Fals saat tampil dalam acara peluncuran album Rosana, Selasa (16/4).
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Iwan Fals saat tampil dalam acara peluncuran album Rosana, Selasa (16/4).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Musisi Iwan Fals menciptakan lagu dari segala hal yang dekat di sekelilingnya. Beberapa tembang gubahannya bercerita tentang anggota keluarga, termasuk album ke-39 bertajuk Rosana yang didedikasikan untuk sang istri.

Sebelum ini, Iwan pernah menciptakan lagu untuk almarhum putra sulungnya. Tembang itu berjudul Galang Rambu Anarki yang termuat dalam album Opini rilisan 1982. Ada pula album bertajuk Cikal (1991) dan Raya (2013) yang diambil dari nama putra-putrinya.

Baca Juga

"Awal Raya (putra bungsu Iwan) yang protes. Semua dibikinin lagu kok Mama enggak. Saya syok juga, kenapa Bung Karno, Bung Hatta, Habibie, semua saya bikinin lagu tapi Yos (nama kecil Rosana) enggak," ujar Iwan.

Dia menyampaikan sebenarnya sudah banyak lagu yang dia ciptakan terinspirasi oleh istrinya. Bahkan, ada pula lagu yang menjadi kado untuk pendamping hidupnya itu. Tetapi baru kali ini Iwan membuat album yang khusus untuk Yos.

Menurut Iwan, karya yang dipersembahkan untuk Yos maupun anak-anaknya mewakili curahan hati. Karya itu sangat penting lantaran memuat pesan bahwa majunya masyarakat dan negara bermula dari keluarga yang menjadi dasar segalanya.

Perilisan album Rosana berlangsung di kediaman Iwan di Leuwinanggung Kota Depok, Senin (15/4) petang. Bersamaan dengan momen itu, Iwan meresmikan Galeri Suara Hati yang memamerkan puluhan lukisan ciptaannya.

Dia juga menggelar konser mini dan membawakan 12 lagu dalam album Rosana untuk media dan undangan. Rosana yang kerap disapa Mbak Yos berterima kasih kepada sang suami yang mempersembahkan album terbaru untuk dia.

Ketua Umum organisasi masyarakat Orang Indonesia (OI) itu tampak terharu saat Iwan menyanyikan belasan lagu tentang kisah cinta mereka. Tidak semua lagunya membicarakan hal manis, ada pula yang memuat sisi getir dari sebuah hubungan.

"Album ini sangat pribadi, catatan perjalanan kehidupan perkawinan kami. Dalam kehidupan, tidak semuanya baik. Banyak perbedaan pendapat yang berujung jadi pertengkaran, tapi setelah selesai harus membawa kebaikan bersama," tutur Yos.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement