Sabtu 11 May 2019 13:18 WIB

5 Alasan Investasi P2P Lending Cocok untuk Milenial

Kehadiran p2p lending menjadi tren positif di dalam dunia investasi.

Rep: cermati/ Red:
5 Alasan Investasi P2P Lending Cocok untuk Milenial
5 Alasan Investasi P2P Lending Cocok untuk Milenial

Kehadiran p2p lending menjadi tren positif di dalam dunia investasi. Bukan hanya menyasar kalangan investor besar saja, namun p2p Lending justru banyak diminati oleh kaum milenial. Perkembangan fintech p2p lending di indonesia pun terlihat mengagumkan.

Menurut Munawar Kasan, Deputi Pengaturan, Penelitian dan Pengembangan Fintech OJK, hadirnya fintech pembiayaan mampu mendorong pertumbuhan perbankan sebesar 0,8% dan 0,6% perusahaan pembiayaan. Data tersebut diperoleh dari penelitian yang dilakukan pada akhir 2018.

Berbagai pertimbangan tentu menjadi dasar mengapa p2p lending dianggap efektif dan cocok menjadi pilihan investasi milenial. Selain sistemnya yang lebih mudah dan modern, ada alasan lainnya yang perlu diketahui, di antaranya:

 

1. Menawarkan Risiko yang Rendah

 

resiko rendah

Menawarkan risiko yang rendah

Resiko yang dimiliki oleh sebuah investasi tentu menjadi pertimbangan penting saat memilih instrumen investasi, mengingat hal ini akan berkaitan langsung dengan potensi keuntungan yang bisa didapatkan. Semakin tinggi potensi keuntungan, maka risiko investasi juga biasanya akan semakin besar.

Namun di dalam p2p lending, risiko bisa diminimalisir dengan sedemikian rupa oleh perusahaan. Pada umumnya risiko yang dihadapi investor p2p lending adalah kondisi default, di mana peminjam tidak bisa mengembalikan lagi dana pinjamannya.

Sebagai bentuk antisipasi hal tersebut, perusahaan p2p lending biasanya melakukan seleksi yang sangat ketat terhadap para calon peminjamnya, sehingga seluruh data calon peminjam yang masuk bisa terverifikasi dengan jelas dan layak, dan semua ini akan memperkecil terjadinya default.

2. Pilihan Diversifikasi Investasi

Setiap instrumen investasi tentu akan memiliki risiko tersendiri di dalamnya, dan sebagai investor Anda wajib mengelola berbagai risiko ini dengan baik. Selain itu, diversifikasi juga sangat dibutuhkan di dalam investasi, agar berbagai risiko tersebut bisa dibagi.

Hal ini akan membuat dana investasi Anda jauh lebih aman, sebab tidak hanya menempatkannya di dalam satu jenis investasi saja. Jika melihat potensi keuntungannya, p2p lending akan menjadi pilihan investasi yang tepat bagi Anda untuk melakukan diversifikasi.

Baca Juga: Pinjaman dan Pendanaan Aman, Cek Fintech P2P Lending yang Terdaftar di OJK Disini!

3. Tingkat Pengembalian Tinggi

 

keuntungan

Tingkat pengembalian tinggi

Tujuan investasi tentu untuk mendapatkan sejumlah keuntungan, hal yang sama juga berlaku di dalam p2p lending. Jika bank hanya menawarkan tingkat pengembalian sekitar 6%-8% per tahun saja di dalam produk investasi yang mereka tawarkan, maka p2p lending jauh lebih berani di atasnya.

Produk investasi ini menjanjikan suku bunga yang lebih tinggi, yakni sekitar 15%-20% per tahunnya, tergantung pada perusahaan yang dipilih. Dengan tingkat pengembalian setinggi itu, jelas investasi p2p lending akan sangat menarik, terutama bagi milenial yang pada dasarnya lebih berani mengambil risiko dan juga potensi keuntungan yang lebih tinggi.

4. Pengembalian Dilakukan Setiap Bulan

Tak perlu menunggu hingga berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun sebagaimana investasi lainnya, p2p lending memungkinkan investor mendapatkan keuntungan investasinya setiap bulan.

Penghasilan yang berasal dari bunga pinjaman ini bisa dicairkan dengan mudah dan cepat melalui rekening tabungan pribadi Anda. Jadi, tidak perlu khawatir akan waktu yang panjang untuk bisa menikmati hasil investasi, sebab di bulan berikutnya sudah bisa menarik bunga investasi tersebut ke rekening Anda.

Baca Juga: Waspada Fintech Bodong, OJK Rilis 5 Ciri Fintech Lending Ilegal

5. Sistem Kepemilikan yang Sangat Bebas

 

jam

Sistem kepemilikan bebas

Di dalam p2p lending, Anda tidak akan terikat untuk melakukan investasi dalam kurun waktu yang panjang. Meski pada dasarnya investasi ini menentukan tenor yang beragam, mulai dari: 6 bulan, 12 bulan, 24 bulan, dan yang lainnya.

Anda akan sangat leluasa memilih tenor pendanaan sesuai keinginan. Hal ini akan menjadi pertimbangan yang penting, terutama bagi Anda investor pemula dan masih dalam tahap belajar.

Coba Berinvestasi dan Nikmati Keuntungannya

P2p lending menjadi investasi yang populer dan sangat layak untuk dijadikan pilihan, bahkan untuk milenial. Coba investasi p2p lending mulai dari sekarang juga dan nikmati kemudahan serta keuntungan yang maksimal di dalam keuangan Anda secepatnya.

Baca Juga: Millenial Ketahui Dulu, ini Keuntungan dan Risiko Investasi di Fintech

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement