Selasa 09 Apr 2019 11:11 WIB

Trik Gigi Tampak Lebih Putih dengan Lipstik

Tak semua lipstik merah buat gigi tampak lebih putih.

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Lipstik.
Foto: Republika/Rakhmawaty Lalang
Lipstik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lipstik ternyata tak hanya dapat membuat warna bibir tampak lebih merona dan cantik. Penggunaan lipstik yang tepat juga dapat membuat gigi tampak lebih putih dan cerah.

Beragam penata rias berbagi trik untuk memilih lipstik yang tepat agar gigi terlihat lebih putih. Berikut ini trik-trik yang dibagikan oleh penata rias seperti dilansir Insider.

Baca Juga

Lipstik Merah dengan Warna Dasar Biru

Lipstik merah dengan undertone atau warna dasar oranye cukup populer di antara perempuan. Namun untuk membuat senyum cerah yang instan, gunakan lipstik merah dengan warna dasar biru.

Dalam roda warna, biru dan kuning menempati posisi yang saling berlawanan. Warna biru akan menyamarkan warna kekuningan pada gigi.

Opsi Selain Merah

Merah merupakan warna yang cukup umum digunakan oleh banyak perempuan. Namun merah bukan satu-satunya warna lipstik yang bisa membuat gigi tampak lebih terang.

Semua warna lipstik dengan warna dasar biru atau ungu dapat 'menyamarkan' warna kekuningan pada gigi. Dengan begitu, gigi akan tampak lebih putih. Beberapa contoh opsi warna lipstik lain adalah warna raspberry dan warna fuchsia.

Hindari Lipstik Terlalu Terang

Bila menginginkan gigi tampak lebih terang, sebaiknya hindari warna lipstik yang terang. Alasannya, warna lipstik yang terang tidak akan membuat kontras terhadap warna gigi. Warna gigi akan tampak lebih terang dan menonjol bila menggunakan lipstik berwarna cenderung gelap.

Tambahkan Gloss

Selain memilih warna lipstik yang tepat, gigi bisa tampak lebih cerah lagi dengan melapisi lipstik dengan lip gloss. Lip gloss bermanfaat untuk menambah kelembapan dan penampilan yang lebih muda.

"Memberi ilusi senyum (gigi) yang lebih putih," terang penata rias profesional Kristen Fortier.

Lipstik Ungu untuk Si Kulit Gelap

Perempuan dengan warna kulit yang cenderung gelap sangat cocok menggunakan lipstik berwarna ungu gelap. Warna dasar biru pada lipstik-lipstik berwarna ungu akan membuat gigi tampak lebih putih.

Jaga Kelembapan

Terlepas dari warna lipstik apapun yang dipilih, kelembapan bibir tetap harus terjaga dengan baik agar gigi tampak lebih putih. Alasannya, bibir yang kering dapat menonjolkan plak-plak yang menumpuk pada gigi. Kelembapan bibir bisa dijaga dengan menggunakan eksfoliator bibir atau menggunakan balm pelembap bibir secara rutin.

Jangan Pilih Lipstik Matte

Lipstik matte merupakan jenis lipstik yang sangat populer di antara banyak permepuan. Akan tetapi, lipstik matte dapat membuat bibir tampak kering sehingga bibir tidak merefleksikan cahaya dari gigi.

Hindari Lipstik dengan Hasil Akhir Frosty

Lipstik yang bersinar memang akan membuat gigi tampak lebih putih. Namun lipstik yang memiliki efek frosty justru dapat membuat bibir tampak lebih terang dan memberi ilusi gigi tampak lebih kotor. Oleh karena itu, sebaiknya hindari lipstik yang terlalu holografik, silver atau frosty.

Hati-Hati Memilih Lipstik Cokelat

Lipstik berwarna kecokelatan atau peach yang memiliki warna dasar hangat juga sebaiknya dihindari. Warna seperti ini dapat membuat gigi tampak lebih kuning dari seharusnya. Bila ingin menggunakan lipstik berwarna cokelat, pilih lipstik berwarna cokelat yang memiliki warna dasar dingin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement