Rabu 03 Apr 2019 12:18 WIB

Belajar Merelakan Kematian dari Horor Pet Sematary

Pet Sematary disebut akan menjadi film paling horor tahun 2019.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Indira Rezkisari
Film Pet Sematary.
Foto: Paramount Pictures via AP
Film Pet Sematary.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Louise Creed (Jason Clarke) dan istrinya Rachel Creed (Amy Seimetz) memutuskan pindah dari Boston ke daerah pedesaan Maine. Mereka ingin bisa mengurangi intensitas pekerjaan dan lebih dekat dengan kedua anaknya yakni Ellie (9 tahun) dan Gage (2).

Pada awal kepindahan, tidak nampak keanehan di desa yang menjadi rumah baru mereka. Hingga pada suatu siang, saat Rachel dan Ellie selesai merapikan barang, keduanya mendengar hentakan suara musik aneh tak jauh dari rumahnya.

Setelah ditelusuri, suara itu berasal dari gerombolan anak kecil yang sedang melakukan ritual kematian hewan peliharaan. Saat itu pula Ellie mengetahui bahwa tak jauh dari rumahnya terdapat tempat pemakaman hewan peliharaan yang misterius dan tersembunyi.

Suatu hari, sebuah tragedi terjadi, kucing peliharaan keluarga Creed dan kesayangan Ellie yang bernama Church terlindas truk. Creed yang tidak mau melihat Ellie berduka, berniat mengubur Church secara diam-diam.

Saat hendak mengubur, Jud Crandall (tetangga baru di Maine) menyarankan agar Church dikubur di pegunungan di atas area pemakaman. Creed setuju saja, tanpa tahu bahwa area itu adalah area tanah jahat.

Memang ajaib! Esoknya Church yang mati, kembali hidup namun dengan perilaku yang berbeda dan membawa malapetaka. Khususnya bagi Ellie, yang pada akhirnya tertabrak dan meninggal karena Church.

Film yang akan tayang perdana pada 5 April 2019 ini memang digadang-gadang akan menjadi film terhoror di tahun 2019. Setelah Republika menonton sendiri pada pemutaran khusus media di Plaza Indonesia, Selasa (2/4) malam, prediksi itu nampaknya tidak berlebihan.

Film yang disutradarai oleh Kevin Kölsch dan Dennis Widymer berhasil menyajikan konstruksi cerita yang detail dan hampir sempurna. Penonton diajak untuk memahami dan merasakan alur cerita dengan segala kompleksitasnya. Tentang trauma Rachel akan kematian saudaranya, tentang Creed yang tidak percaya akan kehidupan setelah kematian, dan tentang Ellie yang kritis dan selalu bertanya tentang mengapa kematian terjadi.

Sepanjang film penonton tidak akan dikejutkan dengan berbagai hantu yang tiba-tiba muncul begitu saja. Karena sutradara berhasil meramu film ini menjadi film horor yang logis namun tetap membuat jantung penonton berloncatan.

Film Pet Sematary diadopsi dari novel karya Stephen King dengan judul yang sama. Film ini sebenarnya pernah difilmkan pada tahun 1989 dan kala itu film ini disutradai oleh Mary Lambert. Kini, setelah hampir 30 tahun, Kevin Kölsch dan Dennis Widymer memutuskan untuk menggarap ulang film tersebut.

Film ini dibintangi Jason Clarke yang memerankan Dr Louis Creed. Kemudian Amy Seimetz sebagai Rachel Creed istri Louis Creed.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement