Selasa 02 Apr 2019 15:54 WIB

5 Manfaat Minum Air Putih, tanpa Minum Manis Sebulan Penuh

Ada sejumlah manfaat yang bisa didapatkan setelah minum air putih saja sebulan penuh.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Reiny Dwinanda
Minum air putih
Foto: Sciencealert
Minum air putih

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK — Sekitar 60 persen tubuh manusia terdiri dari cairan. Tak heran jika hidrasi merupakan hal yang sangat berpengaruh terhadap fungsi tubuh. Namun, jika kebutuhan cairan dipenuhi dengan air minum yang kurang tepat, hal itu justru akan mengganggu fungsi kesehatan tubuh.

Dilansir dari The Epoch Times, minuman manis terbukti memiliki banyak dampak negatif bagi kesehatan. Selain diabetes, minuman manis juga berpotensi memicu serangan jantung dan strok. Untuk perempuan di atas 50 tahun, minuman manis pun juga meningkatkan resiko kematian.

Baca Juga

Melihat fakta itu, seorang penulis buku produktivitas, Chris Bailey pun menyarankan agar masyarakat dapat lebih mengutamakan konsumsi air putih. Ia pun mempraktikkan budaya minum air putih sebulan penuh dan menuliskan hal itu dalam sebuah artikel berjudul "The top 10 things I learned drinking only water for a month".

Artikel itu menegaskan bahwa air putih bukan hanya bebas kalori, tapi juga memiliki banyak manfaat yang telah terbukti secara ilmiah. Beberapa manfaat itu di antaranya adalah:

1. Meningkatkan metabolisme

Setiap asupan 1,7 liter air putih akan meningkatkan metabolisme tubuh sekitar 30 persen. Jika metabolisme meningkat, maka hal ini otomatis juga akan meningkatkan pembakaran kalori.

2. Meningkatkan fungsi otak

Sebanyak 73 persen komponen dalam otak terdiri dari air. Artinya, otak manusia membutuhkan air untuk menghasilkan hormon dan neurotransmiter. Dengan memperbanyak konsumsi air putih, otak pun lebih fokus dan sigap.

3. Melangsingkan tubuh

Air putih sama sekali tak mengandung kalori. Hal ini tentu akan menekan jumlah kalori yang harus dibakar setiap kali berolahraga.

4. Melembapkan kulit

Kulit manusia sebagian besar juga terdiri dari air. Oleh karena itu, konsumsi air otomatis membuat kulit lebih lembut dan lembap.

5. Mendongkrak performa fisik

Dehidrasi akan menyebabkan kelelahan, penurunan motivasi, dan kontrol temperatur tubuh yang kurang optimal. Untuk menghindari hal itu, tubuh memerlukan hidrasi dari air putih.

Saat sedang olahraga, the American College of Sports Medicineme menyarankan untuk minum 1,7 liter air dua jam sebelum latihan. Hal ini diperlukan demi menghasilkan kinerja otot yang optimal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement