Senin 01 Apr 2019 19:55 WIB

Atiqah Hasiholan Belajar Jadi 'Dukun Manten'

Tutie Kirana dan Atiqah melakukan workshop paes beberapa kali.

Atiqah Hasiholan
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Atiqah Hasiholan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktris Atiqah Hasiholan menjajal profesi baru dalam film karya terbaru sutradara Farishad Latjuba. Atiqah berperan sebagai dukun manten (pengantin) dalam film "Mantan Manten".

''Secara timing tepat, anakku sudah satu tahun saat syuting,'' kata Atiqah dalam konferensi pers di Jakarta, Senin.

Atiqah mengatakan "Mantan Manten" bercerita tentang kehidupan modern perempuan zaman sekarang dengan konfliknya. Yasnina (tokoh yang dia perankan) merupakan anak yatim piatu yang disekolahkan. Dia sosok ambisius dan ingin jadi yang terbaik.

''Ketika jadi dukun manten, dia (Yasnina) jadi yang terbaik,'' ujar Atiqah.

Selain Atiqah, ada juga aktris senior Tutie Kirana yang memerankan profesi serupa. Tutie mengatakan sempat mengikuti workshop beberapa kali di kawasan Manggarai untuk memahami profesi dukun manten.

''Saya dan Atiqah melakukan workshop paes beberapa kali,'' kata Tutie. ''Setiap gerakan, lukisan paes itu ada artinya. Ilmu itu ada.''

Untuk bisa merias paes, katanya, seseorang harus melalui berbagai perjuangan agar mumpuni menjalani profesi tersebut. Salah satunya rajin melakukan puasa mutih selama 40 hari.

''Salah satu ritual dengan hal-hal supranatural kental sekali. Puasa 40 hari, tetapi rata-rata sekarang mungkin seminggu puasa mutihnya,'' kata Tutie yang memerankan karakter Marjanti.

"Mantan Manten" bercerita soal perjuangan seorang wanita bernama Yasnina yang awalnya memiliki karier meroket. Namun karena suatu masalah, kariernya hancur dan perlahan juga cintanya.

Di tengah perjuangannya bangkit, Yasnina bertemu Marjanti (Tutie Kirana) seorang dukun manten. Pertemuan inilah yang menjadi awal baru untuk Yasnina.

Film ini juga diramaikan sejumlah selebriti antara lain Arifin Putra, Oxcel, Tyo Pakusadewo, Marthino Lio, Dodit Mulyanto, Asri Welas, Melissa Karim dan Aimee Saras. "Mantan Manten" rencana tayang pada 4 April di seluruh bioskop tanah air.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement