Kamis 28 Feb 2019 05:11 WIB

Lakukan Cara Ini Agar Aman dari Kejahatan di Lift

Waspadai orang yang menunggu atau di dalam lift.

Rep: MGROL116/ Red: Ani Nursalikah
Pintu Lift. Ilustrasi
Foto:

Fokus dan waspada

Sadar sepenuhnya tentang siapa dan apa yang ada di sekitar. Hindari memainkan ponsel, merogoh tas, melamun atau tidak memperhatikan lingkungan Anda.

Itu akan sangat membantu memproyeksikan kepercayaan diri dengan kontak mata dan bahasa tubuh. Secara psikologis, ini akan mengisyaratkan Anda bukan target yang mudah.

Jauhkan barang berharga dari orang lain

Jika Anda membawa dompet, tas jinjing atau tas kantor, pegang erat-erat dan jauhkan dari penghuni lain. Cara terbaik adalah berdiri di samping dan memegang tas ke arah dinding untuk menghindari menjadi korban penjambret.

Bersiaplah merespons dan membela diri

Jika diserang atau diraba-raba, Anda harus segera merespons dengan membela diri, melawan, atau mencoba melarikan diri tergantung pada situasinya. Jika pelaku bersenjata dan jelas hanya ingin harta Anda yang berharga, cara terbaik adalah memberi perampok apa yang dia inginkan daripada membahayakan hidup Anda.

Jika Anda diserang, cobalah mempertahankan diri dan menekan alarm dan tombol sebanyak mungkin untuk menghentikan lift. Cobalah berteriak dengan keras untuk meminta pertolongan dan mencoba mendapatkan perhatian yang membuat sebagian besar penyerang panik dan melarikan diri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement