Rabu 20 Feb 2019 14:23 WIB

15 Cara Terbaik Melawan Pilek

Virus penyebab pilek bisa menempel pada berbagai objek, seperti pegangan pintu.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Ani Nursalikah
Pilek/ilustrasi
Foto:

Minum teh hijau

Teh hijau kaya akan zat-zat kimia yang memiliki sifat perlindungan terhadap kesehatan. Tak ada salahnya minum teh hijau ketika pilek.

Gunakan vapour rub

Salah satu yang cukup mengganggu ketika pilek adalah batuk di malam hari. Mengoleskan vapour rub di tumit kaki dan menggunakan kaus kaki dinilai dapat meringankan batuk di malam hari.

Beta Glukan dan lisin dalam akanan

Tambahkan beta glukan dalam pola makan karena beta glukan dapat menurunkan fineksi bakteri dan virus. Beta glukan bisa didapatkan dari oat, rye, barley hingga gandum, dan jamur shiitake. Saat sakit, beta glukan juga dapat mempersingkat waktu sakit.

Lisin merupakan asam amino esensial yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh dan membantu menstimulasi antibodi di dalam tubuh unutk melawan penyakit. Lisin bisa ditemukan pada yogurt tawar, aprikot, apel yang dikeringkan, mangga, ikan, dan susu skim.

Jaga udara sejuk

Virus berkembang biak lebih cepat dalam suhu hangat. Karena itu, jaga udara tetap sejuk dan sirkulasi udara tetap baik demi menciptakan lingkungan tidur yang lebih sehat ketika pilek.

Inhalasi uap

Inhalasi uap mungkin cara yang tampak agak kuno. Namun inhalasi uap merupakan cara yang baik untuk membantu membersihkan lendir dan meringankan iritasi pada jalur napas.

Bantal tambahan

Gunakan bantal tambahan saat tidur ketika mengalami pilek. Bantal yang elbih tinggi dapat membantu melegakan saluran hidung.

Kompres hangat

Gunakan kompres hangat ketika mengalami pilek. Letakkan kompres hangat ini di sekitar dahi dan 'jembatan' hidung untuk meringankan tekanan pada hidung tersumbat.

Tidur cukup

Saat pilek, pastikan tubuh mendapatkan istirahat. Salah satunya dengan tidur yang cukup.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement