Senin 11 Feb 2019 11:49 WIB

9 Hal yang Harus Anda Siapkan untuk Wawancara Kerja

Anda harus mengetahui budaya perusahaan yang Anda lamar.

Rep: MGROL116/ Red: Ani Nursalikah
Wanita wawancara melamar pekerjaan hrd interview job (ilustrasi)
Foto:

Tas yang bagus

"Saya pikir ransel masih merupakan sinyal 'Saya masih seorang pelajar,'" kata Aronstein. Anda tidak perlu keluar dan membeli tas mahal, Anda bahkan dapat meminjam tas yang terlihat profesional dan cukup besar agar sesuai dengan portofolio dari saudara, teman, atau ibu Anda.

Sepatu dan pakaian yang nyaman

Meskipun Anda tergoda membeli pakaian wawancara baru, ini bukan waktu terbaik untuk membeli jika itu di luar kemampuan. Jangan sampai kaki Anda lecet karena sepatu Anda.

"Jika itu akan menjadi hari yang sangat panjang, jangan membuatnya menjadi hari pertama Anda mengenakan sepatu hak baru," ujar Aronstein.

Referensi dan alamat pekerjaan lama

Anda bisa saja diminta mengisi formulir dengan alamat dan nomor telepon tempat kerja Anda sebelumnya. Sangat membantu untuk disiapkan terlebih dahulu. Anda bisa menyiapkannya di ponsel.

"Anda seharusnya berbicara dengan mereka sebelum wawancara untuk memberi tahu mereka dan untuk bertanya apakah mereka keberatan menjadi referensi Anda," kata Aronstein.

Catatan dan pertanyaan

Anda harus mempersiapkan bagaimana akan menjawab pertanyaan wawancara yang khas dan memberikan beberapa contoh pekerjaan yang telah Anda lakukan yang akan menggambarkan kesiapan Anda untuk pekerjaan itu.

"Ini merupakan kesempatan melihat lebih rinci tentang perusahaan, tunjukkan kepada mereka Anda telah mengetahui banyak tentang perusahaan," kata Aronstein.

Sementara Braswell suka melihat orang yang diwawancarai telah menyiapkan pertanyaan, ia juga berpikir ada ruang untuk improvisasi. "Jika Anda dapat mendasarkan pertanyaan Anda pada percakapan yang sedang berlangsung, itu menunjukkan Anda menjadi pendengar yang aktif," katanya.

Diri terbaikmu

Tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk mengubah pandangan lain mereka tentang Anda. "Satu-satunya hal yang dapat dilakukan seseorang adalah menjadi diri profesional terbaik mereka," katanya.

Pergi ke wawancara dengan membawa salinan resume Anda, pakaian yang tepat, dan menyiapkan barang-barang yang diperlukan akan membantu Anda merasa percaya diri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement