Selasa 01 Nov 2022 06:47 WIB

7 Benda yang Harus Dibawa dan Sederet Hal yang Harus Dihindari Saat Wawancara Kerja

Untuk kesuksesan wawancara kerja, siapkan diri sebaik mungkin.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Wawancara kerja (Ilustrasi). Kelancaran saat wawancara meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.
Foto: Republika/Prayogi
Wawancara kerja (Ilustrasi). Kelancaran saat wawancara meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahap wawancara boleh jadi memicu stres bagi calon pelamar kerja. Sebagian orang mungkin bingung karena belum berpengalaman sebelumnya.

Dengan mempersiapkan dan mempraktikkan pertanyaan khas, seseorang diyakini dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan wawancara yang baik dan pekerjaan yang diinginkan.

Baca Juga

Bahkan, jika akhirnya tidak mendapatkan pekerjaan itu, wawancara yang baik dapat memberikan kesan bagus pula untuk peluang di masa depan. Namun, persiapan hanyalah setengah dari pertempuran karena tentu saja ada banyak proses lainnya.

Meski begitu, penting mengetahui apa saja yang harus dibawa ke wawancara kerja Menurut Indeed, berikut adalah tujuh hal yang harus dibawa saat wawancara kerja, seperti dikutip dari laman USA Today, Selasa (1/11/2022).

1. Salinan daftar riwayat hidup

Bawalah setidaknya lima salinan dalam folder atau map profesional agar tidak bengkok dan dapat diakses dengan mudah.

2. Pertanyaan yang sudah dicatat sebelumnya

Bersiaplah dengan kemungkinan pewawancara menanyakan "apakah Anda memiliki pertanyaan?". Jika perlu, catat beberapa pertanyaan terlebih dahulu sebagai referensi.

3. Referensi

Anda mungkin tidak dimintai referensi, tetapi sebaiknya tetap bersiap karena bisa saja itu ditanyakan saat wawancara. Referensi harus berasal dari orang yang dapat berbicara tentang kemampuan profesional Anda.

Anggota keluarga dan teman-teman sebaiknya tidak dimasukkan dalam daftar referensi. Sebaliknya, guru atau tokoh masyarakat dapat menjadi pilihan yang baik jika Anda tidak memiliki pengalaman kerja sebelumnya.

4. Petunjuk arah

Anda tentu tidak ingin terjebak macet menjelang wawancara karena itu bisa membuat terlambat. Jadi, ada baiknya memanfaatkan petunjuk arah. Usahakan datang 10 sampai 15 menit lebih awal untuk memastikan Anda tidak terlambat.

5. Tas kerja atau portofolio

Ini semua dapat membantu menjaga barang-barang Anda tetap teratur sekaligus membuat diri terlihat rapi dan profesional. Ransel terkadang dapat diterima, tetapi sesuaikan jenis tas yang dibawa dengan budaya perusahaan.

6. Permen penyegar napas atau permen karet

Permen mint dan permen karet dapat membantu Anda merasa tak bau mulut sehingga lebih percaya diri sebelum wawancara.

7. Pena dan kertas

Mencatat poin-poin penting dalam wawancara akan dapat membantu, terutama jika Anda ingin menindaklanjuti dan berterima kasih kepada pewawancara nantinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement