Rabu 30 Jan 2019 19:36 WIB

5 Olahraga Membakar Lemak tanpa Bebani Lutut

Latihan paling ramah terhadap sendi adalah berenang

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Olahraga berenang.
Foto:
Olahraga lari (ilustrasi)

Latihan Sirkuit di Rumah

Kombinasi beberapa gerakan kardio low impact juga bisa dilakukan di rumah untuk membakar lemak. Setidaknya ada tiga gerakan ramah sendi yang bisa dilakukan di rumah. Tiap gerakan ini perlu dilakukan selama 30-45 detik dengan jeda 1 menit di tiap pergantian gerakan.

Gerakan pertama adalah berjalan dan berlari di tempat. Upayakan menghentak kaki dengan lembut ketika melakukan gerakan ini. Jangan lakukan gerakan berjalan dan berlari di tempat dengan cepat.

Gerakan kedua adalah gerakan mountain climber yang dimodifikasi. Lakukan gerakan ini dengan berfokus pada kekuatan perut dibandingkan melakukan dengan gerakan kaki yang cepat.

Gerakan ketiga adalah jumping jack yang low impact. Gerakan ini cocok untuk orang-orang yang menghindari gerakan dengan tekanan pada lutut.

Ulangi ketiga gerakan ini sebanyak tiga kali. Dengan melakukan gerakan-gerakan ini, orang dengan berat badan 155 pon dapat membakar 260 kalori sedangkan orang dengan berat badan 185 pon bisa membakar 311 kalori.

Lanjutkan Dengan HIIT

Bila sudah merasa siap, olahraga bisa ditingkatkan dengan jenis olahraga yang lebih intens seperti olahraga HIIT. Olahraga HIIT atau high intensity interval training merupakan olahraga kardio yang melibatkan gerakan-gerakan beintensitas tinggi yang disertai dengan jeda dalam tiap setnya. Olahraga ini lebih intens dan dapat membakar kalori lebih banyak. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement