Jumat 25 Jan 2019 08:36 WIB

Ed Sheeran Pecahkan Rekor Lagi dengan 'Shape of You'

Penghargaan Diamond untuk Sheeran adalah level tertinggi penjualan musik.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Ed Sheeran
Foto: EPA
Ed Sheeran

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Ed Sheeran telah mendapatkan sertifikasi Diamond kedua untuk lagu 'Shape of You'. Penghargaan itu sebagai bentuk apresiasi yang menunjukkan sebuah lagu lebih dari 10 juta unit dalam penjualan dan streaming

Asosiasi Industri Rekaman Amerika (RIAA), yang dikenal karena mengeluarkan plakat emas dan perak yang menggantung di banyak dinding perusahaan musik,  memberikan penghargaan Diamond untuk Sheeran. Diamond adalah level tertinggi sertifikasi RIAA, di atas multi-platinum, platinum, dan gold, yaitu 500 ribu unit.

Prestasi ini menjadikan dia penyanyi keempat yang mencetak beberapa lagu bersertifikasi Diamond sejak RIAA menerapkan kategori 20 tahun yang lalu. Lagu Sheeran 'Thinking Out Loud' sebelumnya pun mencapai peringkat yang sama pada tahun 2017.

Penyanyi dan penulis lagu asal Inggris itu mengumumkan prestasi luar biasa tersebut melalui akun Instagram. "Lagu saya Shape Of You sekarang menjadi berlian di AS! Terima kasih kepada semua orang yang mengunduh atau memutarnya," tulis penyanyi tersebut.

Lagu 'Shape of You' merupakan lagu andalan Sheeran dari album ÷ tahun 2017. Tur album tersebut menetapkan rekor dunia pada tahun 2018 untuk tur terlaris dalam satu tahun kalender, sebesar 432 juta dolar AS.

Pemenang Grammy ini juga merupakan penyanyi pertama yang memiliki dua lagu yang masuk pada  10 debut teratas di Hot 100. Dengan single 'Castle On The Hill' mencapai nomor enam di tangga lagu dan menjadi bersertifikat tiga kali Platinum sementara 'Shape of You' juga dirilis bersamaan pada momen itu, dilansir dari Variety, Jumat (25/1).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement