Rabu 16 Jan 2019 18:02 WIB

Olahraga Kurangi Risiko Serangan Jantung pada Orang Sehat

Kesimpulan peneliti olahraga jadi obat pencegahan penyakit jantung

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Olahraga lari  (ilustrasi)
Foto: Republika/Rakhmawaty La
Kegiatan olahraga rutin diharapkan dapat meningkatkan kesehatan lansia. Sebuah penelitian membuktikan olahraga pada lanjut usia dapat mengurangi risiko penyakit dimensia dan menjaga fungsi otak mereka.

Dipengaruhi Gen

Di antara orang-orang yang tampak sehat, 25 persen teratas dari individu yang paling fit sebenarnya hanya memiliki risiko setengah tinggi daripada jumlah itu. Penulis pertama studi ini, Jon Magne Letnes mengungkapkan untuk menggunakan latihan olahraga sebagai obat pencegahan.

“Beberapa bulan latihan teratur membuat Anda kehabisan napas bisa menjadi strategi yang efektif untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular,” ujar Dr Letnes.

Selanjutnya, Dr Letnes mengungkapkan, kebugaran bukan hanya ukuran seberapa banyak seseorang melatih hidupnya. Tetapi juga memberitahu apa jenis gen yang dimiliki.

“Faktor lain seperti obesitas juga mempengaruhi kebugaran. Jadi Kami mengukur banyak fungsi tubuh dan dari penelitian lain, kami tahu gen dan aktivitas fisik berperan dalam bagaimana fungsi jantung dan pembuluh darah anda,” katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement