Senin 07 Jan 2019 12:36 WIB

Merasa Stres? Coba Cuci Piring

Mencuci piring dengan mindfulness bisa memberi dampak positif.

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Mencuci piring
Foto: flickr
Mencuci piring

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alat memasak dan piring kotor yang menumpuk di dapur mungkin akan terasa menyebalkan bagi sebagian orang. Meski begitu, mencuci piring ternyata dapat memberi manfaat positif bagi kesehatan mental.

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh tim peneliti asal Florida State University, mencuci piring dapat meringankan stres. Mencuci piring dapat meringankan stres bila dilakukan dengan penuh kesadaran (mindful).

Baca Juga

Dalam penelitian ini, tim peneliti melibatkan 51 pelajar sebagai partisipan. Peneliti menemukan bahwa pelajar yang mencuci piring dengan penuh kesadaran dan benar-benar 'hadir' secara mental mendapatkan dampak yang positif.

Inspirasi mereka meningkat 25 persen dan kegugupan mereka menurun hingga 27 persen. Hal yang sama tidak ditemukan pada para pelajar yang mencuci piring tanpa penuh kesadaran.

Mencuci piring dengan penuh kesadaran pada dasarnya sangat mudah dilakukan. Saat mencuci piring, cukup berikan fokus pada semua perkakas dapur yang sedang dicuci.

"Saat mencuci piring, seseorang perlu hanya (fokus) mencuci piring," ungkap tim peneliti seperti dilansir The Kitchn.

Studi ini memang studi berskala kecil yang tentunya masih memerlukan dukungan dari studi berskala lebih besar. Akan tetapi, studi kecil ini menunjukkan sesuatu yang menjanjikan.

Alasannya, studi ini menunjukkan bahwa hal-hal kecil dalam kegiatan sehari-hari dapat dimanfaatkan untuk meringankan stres selama kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan dengan fokus dan penuh perhatian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement