Jumat 19 Apr 2024 21:44 WIB

Tips Jaga Produktivitas Kerja dengan Konsep Mindful

Pastikan untuk selalu tenang dan fokus menyelesaikan pekerjaan satu per satu.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Seorang sedang bekerja (ilustrasi). Bekerja secara mindful atau penuh kesadaran penting untuk meraih performa terbaik dan menjaga produktivitas.
Foto: Mgrol101
Seorang sedang bekerja (ilustrasi). Bekerja secara mindful atau penuh kesadaran penting untuk meraih performa terbaik dan menjaga produktivitas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bekerja secara mindful atau penuh kesadaran penting untuk meraih performa terbaik dan menjaga produktivitas. Dengan begitu, seseorang bisa memfokuskan diri pada pekerjaan dan mencapai berbagai target yang ditetapkan.

Didukung berbagai teknologi canggih yang kini telah hadir, pengalaman bekerja mindful bisa dilakukan dengan lebih optimal. Berikut tips bekerja mindful yang dibagikan oleh Huawei Device Indonesia, yang baru saja mengumumkan kehadiran tablet Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition: 

Baca Juga

1. Gunakan perangkat yang mendukung produktivitas 

Pilih perangkat yang memungkinkan untuk mengelola tugas-tugas dengan efisien, termasuk yang memiliki berbagai fitur berguna. Itu bisa mendukung penyelesaian pekerjaan lebih cepat dan akurat, tanpa harus kehilangan fokus pada hasil akhir yang diinginkan. 

Selain itu, pastikan perangkat menawarkan pengalaman visual yang nyaman. Misalnya, perangkat yang memiliki teknologi untuk mereduksi pantulan cahaya matahari dan sinar lampu terang sehingga membantu mengurangi stres pada mata saat digunakan.

2. Buat to-do-list

Ketika terjebak dalam tekanan tugas yang menumpuk dan deadline yang semakin dekat, pastikan untuk selalu tenang dan fokus menyelesaikan pekerjaan satu per satu. Karenanya, perlu membuat to-do-list atau daftar pekerjaan. Prioritaskan penyelesaian tugas-tugas tersebut dengan memulainya dari yang paling mendesak. 

3. Isi ulang energi setelah bekerja

Mengutip hasil studi DeskTime, aplikasi pelacakan waktu terkemuka dunia, diketahui bahwa karyawan yang mengikuti pola kerja tertentu terpantau paling produktif. Pola itu adalah beraktivitas terkait pekerjaan selama 52 menit, diikuti oleh istirahat selama 17 menit. 

Dengan beristirahat secara teratur, akan memberi kesempatan bagi otak untuk rehat sejenak agar kembali fokus dan kondisinya lebih segar. Lakukan hal yang menenangkan untuk mengisi waktu rehat sejenak ini, seperti meregangkan tubuh atau menikmati hiburan.

4. Menerapkan gaya hidup seimbang

Gaya hidup seimbang dan berkelanjutan sangat perlu untuk mendukung keseimbangan seseorang. Meski fokus bekerja untuk mengejar produktivitas, jangan lupakan mencukupi gizi seimbang, memenuhi kebutuhan cairan tubuh, aktivitas fisik, juga waktu istirahat berkualitas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement