Rabu 05 Dec 2018 06:32 WIB

Shang-Chi, Sosok Superhero Asia Marvel Studio

Sang Master of Kung Fu pertama kali muncul di komik Marvel tahun 1973.

Rep: Santi Sopia/ Red: Indira Rezkisari
Shang Chi
Foto: Marvel
Shang Chi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Marvel Studios tengah menggarap film baru yang menokohkan pahlawan keturunan Asia, Shang Chi. Menggandeng penulis Wonder Women 1984,  Dave Callaham, skenario film sedang dalam proses pengembangan lebih lanjut.

Namun The Hollywood Reporter melaporkan, belum ada keputusan pasti soal siapa sutradara yang akan dipilih. Yang pasti, Shang-Chi bisa menjadi sebuah proyek film pertama yang mengangkat keunggulan Asia.

Shang-Chi atau label "Master of Kung Fu" sebenaenya memulai debut pada tahun 1973 dalam Special Marvel Edition No. 15, yang diciptakan oleh Steve Englehart dan Thanos creator Jim Starlin setelah upaya mendapatkan hak buku komik ke serial televisi Kung Fu diluncurkan.

Dalam cerita, Shang-Chi dilatih sebagai pembunuh bela diri oleh ayahnya. Jadi, ilmu bela diri itu hanya untuk memberontak melawan kejahatan serta untuk menjadi seorang pahlawan super.

Karakter itu pun sukses besar selama tahun 1970-an. Sekarang ia dihidupkan kembali sebagai anggota Avengers selama Marvel Now! edisi 2012.

Sang penulis skenario, Callaham pun tidak asing dengan genre superhero. Ia membuat Warner Bros populer dengan sekuel Wonder Woman, termasuk film lain, seperti waralaba The Expendables dan Zombieland 2 dari Sony.

Alasan Hollywood banyak mengangkat tema Asia bukan tanpa alasan. Berita Shang-Chi muncul saat Hollywood banyak memiliki proyek dengan para pemimpin Asia menyusul kesuksesan film-film yang mengangkat konten ketimuran. Film dengan tokoh asal Asia, seperti judul Crazy Rich Asians, misalnya mampu meraup lebih dari 236 juta dolar di box office.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement