Selasa 04 Dec 2018 18:05 WIB

Michelin Ganjar Koki Perempuan AS Tiga Bintang

Koki kelahiran Prancis tersebut dipuji karena hidangannya yang inovatif dan artistik.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Buku panduan restoran dan kuliner Michelin telah ada sejak tahun 1900 dan berawal dari Prancis.
Foto: EPA
Buku panduan restoran dan kuliner Michelin telah ada sejak tahun 1900 dan berawal dari Prancis.

REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANSISCO-- Juru masak Dominique Crenn menjadi wanita pertama di Amerika Serikat yang menerima raihan tiga bintang Michelin dalam peringkat tahunan restoran top di daerah San Francisco. Koki Restoran Atelier Crenn kelahiran Prancis tersebut dipuji karena hidangannya yang inovatif dan artistik sejak dibuka pada 2011.

Peningkatan Atelier Crenn dari status dua bintang tahun lalu merupakan hasil suara bulat di antara peninjau Michelin. "Pengalaman berkualitas tinggi secara konsisten," kata Direktur Internasional Michelin Guide Gwendal Poullennec, Selasa (4/12).

Masakan Crenn, bagi Gwendal menampilkan keseimbangan kasih karunia, seni, kemampuan teknis, dan selera yang luar biasa. Atelier Crenn adalah restoran kecil yang hanya memiliki delapan meja dan menawarkan menu seharga 335 dolar AS.

Dia adalah koki wanita kelima di dunia yang memiliki bintang tiga Michelin. Perempuan lain yang mencapai penghargaan Michelin ini adalah Carme Ruscalleda di Spanyol, Anne-Sophie Pic di Prancis, Nadia Santini di Italia, dan Clare Smyth di Inggris.

Atelier Crenn dan Single Thread bergabung dengan Benu, The French Laundry, Manresa, Quince, The Restaurant di Meadowood, dan Saison di peringkat teratas restoran wilayah San Francisco pada 2019. Restoran-restoran tersebut mempunyai masakan luar biasa yang layak untuk perjalanan istimewa.

"Pasangan berbakat di balik proyek ini telah menunjukkan komitmen yang konsisten terhadap standar kualitas bahan dan masakan yang sangat halus," kata Poullennec tentang koki Single Thread, Kyle Connaughton dan istrinya dan petani, Katina Connaughton.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement