Selasa 27 Nov 2018 13:47 WIB

Membuat Opor Ayam untuk Menu MPASI

Cara membuatnya cukup menggunakan quick cooker dalam beberapa menit

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Opor ayam, menu khas Lebaran.
Foto: Republika/Musiron
Opor ayam, menu khas Lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Membuat Makanan Pendamping ASI (MPASI) untuk bayi di atas enam bulan tidak melulu harus berupa bubur sayur atau buah. Mengolah MPASI ternyata juga bisa mengambil inspirasi dari makanan tradisional seperti opor ayam. 

Dengan bumbu dan olahan yang telah disesuaikan, makanan yang biasa disantap untuk orang dewasa ini juga bisa dinikmati oleh anak bayi. Cara membuatnya pun sederhana, cukup menggunakan quick cooker, opor ayam untuk MPASI ini bisa tersaji hanya dalam hitungan menit saja.

Inta Heruwanto, ibu dua anak dan pemilik katering MPASI Mamma Kanin membagikan resep opor ayam untuk bayi di atas enam bulan.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Look at those beautiful herbs! . Ginger is useful to reduce stomach gas. Candlenut is useful to tone down fever. Turmeric prevents inflammatory disease Bay leaf helps strengthening immune system. . Thanks mothers who came to @nujuhbulanstudio yesterday to make Opor & Rawon for their Lil ones. I am beyond humbled! . . #kelasmasakmpasi #kelasmasakmammakanin #mpasi #kateringmpasi #mpasihomemade #homemadempasi

A post shared by Inta Heruwanto & Team (@mammakanin) on

Bahan:

Ketumbar 1 sendok teh

Bawang merah 1

Bawang putih 1

Kemiri 1

Daun jeruk 1 lembar

Daun salam 1 lembar

Sereh 1 ruas jari

Ayam cincang 30 gram

Santan 15 gram

Beras 30 gram

Cara membuat:

Kukus ayam, ketumbar, bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, daun salam dan sereh selama 15 menit menggunakan quick cooker. Setelah dikukus, angkat daun jeruk, daun salam dan sereh.

Di tempat terpisah, kukus pula nasi hingga pulen d menggunakan quick cooker. Setelah nasi matang, campurkan adonan ayam ke dalam nasi dan masukkan santan, lalu blender. Setelah halus opor ayam bisa disajikan tanpa tambahan gula dan garam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement