Ahad 25 Nov 2018 13:43 WIB

Tips Menulis Ala Tere Liye

Seorang penulis tidak akan pernah mengalami kehabisan ide.

Rep: MGROL 116/ Red: Ani Nursalikah
Antrean pendaftaran peserta workshop kepenulisan
Foto: mgROL116/Republika
Antrean pendaftaran peserta workshop kepenulisan

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK --Penulis novel Tere Liye mengatakan penulis yang baik selalu menemukan sudut pandang yang spesial. Dia mengungkapkan kiat lain dalam menulis adalah menemukan ide cerita dari hal apa saja, mempersiapkan bahan tulisan, memperhatikan gaya bahasa, dan rutin latihan menulis.

Menulis pun membutuhkan inspirasi. Cara cepat mendapat inspirasi menurut Tere Liye, yaitu dengan banyak membaca buku, banyak melakukan perjalanan, dan banyak bertemu dengan orang lain. Ia menuturkan apa pun bisa jadi cerita.

"Apa pun profesinya, semua orang bisa jadi penulis. Tinggal teguhkan niat untuk menjadi penulis, lalu lihat perkembangan Anda 10-20 tahun dari sekarang,” kata Tere Liye dalam workshop menulis di Balairung Universitas Indonesia, Kamis lalu.

Penulis yang bernama asli Darwis itu juga membagikan cerita mengenai perjalanannya menjadi seorang penulis. Selain mendengar penjelasan mengenai dunia penulisan, seluruh peserta diajak praktik langsung menulis dengan arahan yang diberikan. Terlihat antusiasme para peserta dalam mengikuti arahan Tere Liye dalam menulis.

“Alhamdulillah, sejauh ini baru pertama kali saya ikut workshop benar-benar bermanfaat. Saya jadi dapat tips anti-mainstream dalam menulis yang menurut saya bakal ampuh jika diterapkan dengan baik,” kata salah satu peserta Tri Dasruni (18 tahun) kepada Republika.co.id.

Tere memotivasi para peserta untuk segera memulai menulis secara rutin. Dia juga mengatakan seorang penulis tidak akan pernah mengalami kehabisan ide. Selain memperluas literasi, menjadi penulis buku juga dapat memberikan penghasilan yang menggiurkan dari hasil tiap penjualan buku yang diterbitkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement