Rabu 11 Oct 2023 22:45 WIB

Tip Menulis Ala Marchella FP: Mulai Aja Dulu

Menurut dia, di antara pekerjaan kreatif, menulis memiliki modal yang paling murah.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Penulis Marchella FP
Foto: Republika/Meiliza Laveda
Penulis Marchella FP

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penulis Marchella FP membocorkan tip yang bisa dilakukan bagi mereka yang mau memulai karier sebagai penulis. Menurut dia, di antara pekerjaan kreatif, menulis memiliki modal yang paling murah.

“Bidang kreatif kan banyak, ada musik, film, nulis nah menulis ini modalnya murah banget. Kalau nggak ada uang dan nggak bisa pakai laptop, kalian bisa pakai pulpen nulis di kertas,” kata penulis Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini (NKCTHI) di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (11/10/2023).

Baca Juga

Karena murah, tidak ada alasan untuk tidak mulai menulis. Justru karena modal murah, yang ditekankan adalah jangan ragu dan takut untuk mulai menulis. Nantinya, seiring berjalannya waktu, akan menemukan sendiri gaya penulisan seperti apa yang menjadi ciri khas.

“Kalau ada banyak alasan nggak menulis berarti salah di diri kita. Mulai aja dulu nanti saat prosesnya kita menemukan gaya menulis sendiri,” ujar perempuan penggemar Buya Hamka dan Paulo Coelho ini.

Jika ada kendala ide atau writer’s block, Marchella melakukan beragam cara. Biasanya, dia mendapatkan ide melalui medium kreatif lain untuk mencari inspirasi, seperti membaca buku, menonton film, atau mendengar lagu.

Selain writer’s block, Marchella juga membahas kendala lain yang dia temukan selama proses kreatifnya, yaitu mudah terdistraksi. Untuk mengatasinya, biasanya dia membagi waktu untuk menyelesaikan suatu proyek dalam sehari atau membagi waktu dengan jumlah jam.

“Di era hiburan yang banyak kayak sekarang ini, kita suka bingung bagaimana bagi waktunya. Cara aku bagi waktu, misalnya, seharian khusus selesaikan ini atau per jam berapa aku harus bagi waktu untuk selesaikan yang lain,” ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement