Jumat 23 Nov 2018 08:52 WIB

Tips Genjot Energi di Sore Hari

Beberapa saat jam kerja berakhir adalah periode di mana energi tubuh terkuras habis

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Esthi Maharani
Dehidrasi (ilustrasi)
Foto: MenHealth
Dehidrasi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Siang hari menjelang sore, apalagi beberapa saat jam kerja berakhir adalah periode di mana energi tubuh terkuras habis. Kelopak mata mulai terasa berat, tubuh lemas, dan ingin cepat pulang. Berikut adalah lima tips cantik untuk menggenjot energi di sore hari, dilansir dari Cosmopolitan, Jumat (23/11).

1. Hindari makan siang berlebihan

Segala hal yang berlebihan memang tidak baik. Makan siang bertujuan mempertahankan level energi, namun bukan berarti Anda melahap seluruh porsi makan siang secara moderat.

Makan siang besar dan berat hanya membuat Anda semakin lelah dan lesu, apalagi jika jenisnya karbohidrat padat, seperti pasta, roti, kentang. Untuk meningkatkan fokus dan produktivitas, cobalah makan siang ringan yang dikombinasikan dengan protein berkualitas, seperti keju, ayam, telur, tuna, dengan banyak sayuran.

2. Kudapan sehat

Anda mungkin sering menyediakan kudapan atau camilan di meja kerja. Namun, Anda perlu berhati-hati karena tanpa sengaja bisa saja memakan setoples biskuit nyaris tak bersisa. Ini juga bisa mengacaukan tingkat energi Anda.

Selamatkan diri Anda dari kudapan yang memacu rasa lelah dan menukarnya dengan camilan sehat, seperti bola-bola keju, sayuran dan buah kering. Hindari kudapan yang mengandung terlalu banyak lemak. Anda bisa menggantinya dengan kandungan protein dan kalsium.

3. Jaga asupan cairan

Dehidrasi ringan dapat mengganggu konsentrasi kerja dan menimbulkan perasaan cemas dan kelelahan. Untuk menghindari itu, perbanyak minum air putih, hindari minum teh atau kopi lebih dari dua atau tiga cangkir sebelum siang hari. Cairan yang bagus tak hanya air putih, namun bisa juga buah dan sayuran dengan kandungan air tinggi.

4. Tetap bergerak

Studi menunjukkan olah raga teratur berperan penting memerangi kelelahan. Jadi, ketika Anda menguap, pertimbangkan untuk membuat gerakan-gerakan ringan, atau beranjak sebentar berjalan kaki dari meja kerja. Ini bisa membuat tubuh terasa lebih segar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement