Kamis 22 Nov 2018 11:38 WIB

Amitabh Bachchan Bantu Lunasi Lilitan Utang Petani

Bachchan gelontorkan Rp 8,2 miliar untuk para petani.

Rep: Christiyaningsih/ Red: Ani Nursalikah
Amitabh Bachchan
Foto: EPA
Amitabh Bachchan

REPUBLIKA.CO.ID, MUMBAI -- Kekayaan dan ketenaran tidak membuat seorang Amitabh Bachchan lupa akan kampung halamannya. Aktor Bollywood tersebut mengungkapkan dengan kekayaan yang dimilikinya dia membantu para petani lepas dari jeratan utang.

Pria yang pernah menjadi pembawa acara Who Wants to be A Millionaire ini mengaku menggelontorkan uang sebesar 40 juta rupee atau sekitar Rp 8,2 miliar untuk para petani. Uang sebanyak itu dikucurkan Bachchan agar 1.398 petani di Uttar Pradesh lepas dari lilitan utang. Uttar Pradesh yang terletak di India bagian utara merupakan tanah kelahiran aktor berusia 76 tahun ini.

Dikutip dari Channel News Asia, Kamis (22/11), dalam blognya Bachchan menyatakan merasa telah memenuhi tugasnya setelah melunasi utang para petani miskin ke Bank of India. Di Uttar Pradesh, ribuan petani miskin terpaksa hidup dengan lilitan utang akibat naiknya harga bahan bakar.

Selain itu, badai yang merusak hasil panen dan kurangnya dukungan pemerintah membuat penderitaan para petani tersebut semakin menjadi-jadi. Data terbaru pemerintah India menyebut ada 11.772 petani di negara itu yang nekat mengakhiri hidup dengan bunuh diri sepanjang 2013. Artinya, dalam sehari rata-rata ada 44 orang petani yang mati bunuh diri.

Bachchan, yang juga dikenal dengan sebutan Big B, mengatakan sebanyak 70 petani diundang ke tempat tinggalnya di Mumbai untuk bertemu dirinya. Di Mumbai, para petani akan menerima dokumen-dokumen dari bank. Dijadwalkan para petani itu akan tiba di Mumbai pada 26 November mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement