Selasa 13 Nov 2018 12:12 WIB

Sehat dengan Wedang Kunyit

Kunyit sudah digunakan selama ratusan tahun sebagai bahan obat.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Kunyit.
Foto: Pixabay
Kunyit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai salah satu bumbu dapur, kunyit sering diolah untuk membuat masakan jadi lebih berwarna. Warnanya yang kuning-oranye seringkali dimanfaatkan untuk membuat gulai, kari atau saus. 

 

Namun selain untuk bahan masakan, kunyit juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Kunyit mengandung antioksidan dan anti-peradangan yang sudah digunakan selama ratusan tahun untuk pengobatan.

 

Membuatnya menjadi minuman atau wedang adalah salah satu cara paling populer untuk mengonsumsi kunyit. Wedang kunyit merupakan cara yang tepat untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari kunyit. Berikut manfaat minuman seduhan kunyit dilansir dari Health Line. 

 

Meringankan gejala arthritis

Wedang kunyit memiliki kandungan anti-peradangan yang sangat kuat dan bisa membantu meringankan pembengkakan pada pasien arthritis. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa zat aktif pada kunyit yang disebut juga dengan curcumin efektif mengurangi rasa nyeri pada pasien osteoarthritis.

 

Membantu mencegah Alzheimer

Sejumlah penelitian masih mencari apa penyebab dari penyakit Alzheimer. Namun, ilmuwan menemukan bahwa kandungan curcumin pada kunyit bisa membantu mencegah penyakit tersebut. Sementara itu, kandungan antioksidannya mencegah bahaya yang bisa berujung pada Alzheimer. 

 

Mencegah kanker

Wedang kunyit memiliki banyak kandungan yang sifatnya bisa untuk pengobatan. Beberapa diantaranya seperti antioksidan dan anti-inflamasi bisa berkontribhsi terhadap pencegahan kanker. Institut Kanker Nasional telah mengenali curcumin sebagai antikarsinogen yang efektif untuk mencegah penyakit mematikan ini. 

 

Meningkatkan sistem imun

Berbagai kandungan yang terdapat pada wedang kunyit bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imunitas. Bahkan sejumlah kandungan itu efektif terhadap pasien yang terkena gangguan imun. 

 

Menurunkan Kolesterol.

Menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dapat membantu mengurangi risiko pengembangan beberapa penyakit serius seperti serangan jantung dan strok. Ada fakta bahwa kunyit efektif melakukan hal tersebut. Sebuah penelitian menemukan bahwa dosis rendah curcumin dapat menurunkan LDL dan jumlah kolesterol total. 

 

Meringankan radang mata

Beberapa penelitian baru berhasil menemukan bahwa curcumin pada kunyit efektif untuk mengatasi uveitis. Uveitis adalah penyakit radang yang menyebabkan pembengkakan dan peradangan pada jaringan mata.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement