Kamis 08 Nov 2018 16:20 WIB

Tahukah Anda Perbedaan Pilates dan Yoga?

Yoga dan pilates menjadi tren beberapa tahun belakangan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Ani Nursalikah
Olahraga yoga
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Olahraga yoga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Yoga dan pilates menjadi tren beberapa tahun belakangan ini. Banyak orang melakukan olahraga ini untuk menenangkan diri dan mengendalikan hidup. Apa sebenarnya perbedaan antara yoga dan pilates?

Pilates

Pilates adalah metode pelatihan yang dibuat pada 1920 oleh Joseph Pilates. Olahraga ini fokus pada peningkatan postur dan keselarasan Anda.

"Meskipun pilates terkenal dengan kekuatan intinya, ini sebenarnya adalah latihan tubuh penuh yang penuh semangat," kata Manajer Pilates untuk Equinox Yorkville, Natalya Sebastian seperti dilansir di laman MTV, Kamis (8/11).

Menurutnya tidak ada otot yang diabaikan dalam pilates, yang membawa keseimbangan ke seluruh tubuh sehingga dapat berfungsi secara optimal. Latihan pilates fokus pada kontrol, napas, presisi dan akhirnya kekuatan.

Kelas grup pilates akan memiliki aliran yang mirip dengan kelas yoga, namun gerakannya bersifat kalistenik dengan fokus ketepatan gerakan, kekuatan, dan stabilitas. Anda mungkin pernah melihat foto orang-orang di studio pilates dengan beberapa peralatan yang tampak gila, tapi jangan khawatir.

Natalya dapat meyakinkan Anda itu bukan bentuk penyiksaan aneh. Beberapa sesi pilates menambahkan peralatan untuk gerakan tertentu, seperti jika Anda menambahkan barbel untuk jongkok di ruang pemberat.

Beberapa bagian peralatan ini termasuk reformer, cadillac, kursi, dan barrel tangga. Pilates menggunakan daya tahan pegas untuk menantang otot dan membangun kekuatan, tetapi juga untuk memberikan bantuan kepada gerakan yang menantang.

“Secara sederhana, pilates adalah metode gerakan yang melatih tubuh dan pikiran. Inilah sebabnya mengapa sering disebut sebagai bentuk latihan cerdas," katanya.

photo
Pilates merupakan salah satu gerakan dalam olahraga piloxing.

Yoga

Jen Harvey, pemilik Oceanflow Yoga menjelaskan, yoga telah ada selama lebih dari 5.000 tahun. Prinsip-prinsipnya sangat berakar pada filosofi dan tradisi India kuno.

"Dapat dikatakan yoga lebih holistik daripada pilates karena membawa banyak spiritual latihan, seperti meditasi dan teknik pernapasan, di samping latihan fisik yang bekerja pada banyak level dengan tubuh, pikiran dan jiwa," ujarnya.

Ada begitu banyak gaya kelas yoga yang sekarang tersedia bagi kita. Mulai dari kelas fisik yang kuat dan dinamis dengan handstand dan musik dansa, hingga postur tubuh yang menenangkan, nyanyian dan meditasi yang sangat rileks.

Bergantung pada guru, mereka dapat berbagi dengan Anda beberapa teks yoga kuno atau berbagi kiat tentang cara menghadapi tekanan dan kecemasan hari ini. Cara terbaik untuk masuk ke yoga adalah dengan mencobanya. Ada seorang guru dan gaya di luar sana untuk semua orang.

Manfaatnya dapat mencakup peningkatan kekuatan secara keseluruhan, serta kesehatan inti dan punggung, fleksibilitas dan mobilitas, rasa koneksi dengan tubuh Anda, kebiasaan sehat dan rutin, pikiran yang lebih jernih dan tenang, kemampuan untuk mengatasi stres dan mengurangi kecemasan, meningkatkan suasana hati, kesehatan, dan vitalitas secara keseluruhan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement